Cara menonaktifkan Telegram sementara waktu agar tak bisa dihubungi oleh orang lain. Cara ini bisa dilakukan ketika kamu tidak ingin dihubungi oleh siapa pun melalui Telegram namun tidak ingin mematikan data seluler.

Biasanya hal itu karena kamu sedang bermain game, menelepon dengan seseorang melalui aplikasi chat lain, sedang istirahat atau alasan lain yang pada intinya memang sedang tidak ingin dihubungi oleh siapa pun.

Namun yang menjadi permasalahannya adalah tidak semua pengguna tahu tata cara untuk mematikan Telegram sementara. Kamu yang lagi baca artikel ini mungkin salah satunya.

Tak usah khawatir, Rancah Post akan membahas tutorialnya secara lengkap pada kesempatan kali ini. Kalian hanya harus menyimak pembahasannya dulu sampai selesai lalu mempraktikkannya sendiri.

Tutorial ini sangat bermanfaat ketika kamu berada dalam kondisi yang mengharuskan menonaktifkan aplikasi Telegram untuk sementara waktu.

Untuk caranya, kamu bisa memilih menggunakan aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi. Tapi sebelum ke tutorialnya, kita akan membahas sedikit mengenai aplikasi Telegram yang banyak digunakan orang-orang.

Ya, Telegram merupakan aplikasi chat yang sangat populer. Selain bisa diakses melalui HP, Telegram juga bisa digunakan di PC atau laptop.

Kalin bisa memilih menginstall aplikasi Telegram di PC atau membuka website Telegram lalu melakukan login.

Telegram hadir dengan seabrek fitur menarik di dalamnya yang pasti membuat para pengguna nyaman saat menggunakannya untuk berbagai keperluan, baik keperluan pribadi maupun pekerjaan.

Namun, beberapa pengguna Telegram terkadang ingin menonaktifkan aplikasi tersebut untuk sementara waktu di ponselnya karena alasan tertentu.

Jika kamu berada di posisi ingin menonaktifkan Telegram tapi enggan menonaktifkan data seluler, silakan ikuti tutorial di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Telegram Sementara

Berikut ini metode-metode untuk mematikan Telegram sementara waktu tanpa mematikan data seluler atau WiFi agar tidak ada yang menghubungimu.

Membatasi penggunaan data

Metode pertama untuk mematikan Telegram sementara waktu adalah dengan membatasi penggunaan data di HP. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama-tama, buka menu Pengaturan atau Setelan di HP kalian.
  • Scroll ke bawah dan klik menu Aplikasi > sub menu Kelola aplikasi.

Cara Nonaktifkan Telegram

  • Silakan cari dan klik aplikasi Telegram.
  • Akan tampil deretan opsi menu, namun yang harus dipilih adalah opsi Batasi penggunaan data.
  • Silakan hilangkan tanda centang pada opsi WiFi dan dara seluler > klik Oke.

Cara Menonaktifkan Telegram di Android

Setelahnya, aplikasi Telegram pun berhasil dinonaktifkan meski ponselmu masih terhubung ke jaringan WiFi atau data seluler.

Orang-orang pun tidak bisa menghubungimu lagi. Jika ingin mengaktifkannya lagi, klik Izinkan saat ada pop-up yang muncul ketika membuka Telegram.

Atau lakukan lagi langkah-langkah seperti henak menonaktifkannya, lalu beri tanda centang pada opsi WiFi dan data seluler. Selesai!

BACA JUGA: Cara Blokir Kontak di Telegram Agar Tak Bisa Menghubungi Kita

Mematikan notifikasi Telegram

Metode kedua adalah dengan mematikan notifikasi aplikasi Telegram. Sehingga walaupun ada pesan masuk atau panggilan masuk tidak akan ada notifikasi yang muncul.

Kamu pun tetap leluasa jika hendak beristirahat, bermain game, atau melakukan aktivitas lain tanpa terganggu dengan notifikasi Telegram.

Untuk menonaktifkan notifikasi Telegram, caranya hampir sama seperti hendak membatasi penggunaan data. Namun opsi menu yang dipilih adalah Notifikasi.

Klik opsi menu Notifikasi dan geser atau nonaktifkan toggle Tampilkan notifikasi ke arah kiri. Selesai!

Cara Menonaktifkan Aplikasi Telegram

Pakai aplikasi tambahan

Selain dengan dua metode tadi, kamu bisa menonaktikfkan Telegram menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dengan cara di-download melalui Google Play Store, salah satunya adalah Greenify.

Aplikasi tersebut memiliki ukuran yang sangat ringan, sehingga tak perlu khawatir memakan banyak ruang penyimpanan di ponselmu.

  • Silakan download dan install aplikasi Greenify terlebih dahulu di HP.

Greenify

  • Lalu, buka dan jalan aplikasinya > klik Berikutnya > pilih opsi My Device is NOT rooted (jika ponselmu tidak di-root) > Berikutnya.

Cara Mematikan Telegram

  • Lalu izinkan aplikasi ke Setelan HP.
  • Selanjutnya, klik icon (+) di pojok kanan bawah layar > pilih Telegram > klik icon centang.

Cara Menggunakan Greenify

  • Selesai!

BACA JUGA: Cara Menghapus Video di Telegram yang Sudah di Download, Satu Persatu atau Semuanya

Itu dia, beberapa cara menonaktifkan Telegram sementara waktu bisa dengan atau tanpa aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply