Cara menghapus video di Telegram ternyata masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Padahal caranya sangat mudah, baik menghapus secara satu persatu maupun sekaligus.

Dengan menghapus video yang diunduh lewat Telegram, maka ruang penyimpanan di perangkat kita pun akan menjadi lebih banyak.

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat yang sangat populer saat ini. Pasalnya, terdapat sejumlah fitur yang dimiliki Telegram namun tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya.

Salah satunya adalah mampu mengirim video hingga sebesar 1,5 GB. Sehingga kita pun bisa mengirim cuplikan film yang berdurasi panjang, drama Korea, atau video-video lainnya.

Meski hal itu merupakan suatu kelebihan yang dimiliki Telegram, namun bagi pengguna dengan memori kecil akan cukup merepotkan.

Semakin banyak video berukuran besar yang diterima dan di-download, maka semakin penuh pula memori internal di ponselnya.

Agar hal itu tak terjadi, maka kita harus sering menghapus video berukuran besar jika dirasa sudah tak akan digunakan lagi.

Namun yang menjadi kendala, masih banyak pengguna yang kebingungan dengan bagaimana cara hapus video yang ada di Telegram.

Padahal setelah menghapus file video berukuran besar, maka ruang penyimpanan di HP pun akan lebih lengang dan bisa menampung file lainnya.

Nah, buat kalian yang masih kebingungan dengan bagaimana cara menghapus video di Telegram, pada kesempatan ini Rancah Post telah menyiapkan tutorial lengkapnya.

Kalian hanya perlu menyimak pembahasannya sampai selesai, barulah setelah itu mempraktikkannya sendiri.

Ada beberapa cara yang akan kita bahas dan jelaskan, untuk itu wajib menyimak pembahasannya sampai selesai.

Cara Menghapus Video di Telegram

Berikut ini beberapa metode untuk delete video yang akan di aplikasi Telegram. Caranya dijamin mudah untuk dipraktikkan.

Satu persatu

Cara hapus video di Telegram yang pertama adalah  secara satu persatu. Kamu bisa memilih satu persatu video yang sebelumnya pernah di-download dan ingin dihapus.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Telegram yang terinstall di HP kalian.
  • Kemudian, klik icon pencarian yang berada di pojok kanan atas layar.

Fitur Pencarian di Telegram

  • Di menu pencarian ini, kamu tidak hanya bisa mencari bot atau grup Telegram. Pasalnya, ada beberapa menu yang tampil, seperti menu Obrolan, Media, Unduhan, Tautan, Berkas, Musik, dan Suara.
  • Silakan klik menu Unduhan, di sana akan tampil berbagai video yang pernah diunduh, baik yang sudah diunduh sampai selesai maupun yang belum.

Unduhan di Telegram

  • Untuk menghapusnya, klik dan tahan video yang akan dihapus lalu klik icon hapus di pojok kanan atas.
  • Klik Hapus lagi ketika ada pop-up konfirmasi penghapusan video jika kamu sudah yakin ingin menghapus video tersebut.

Cara Menghapus Video di Aplikasi Telegram

BACA JUGA: Cara Mengembalikan kontak Telegram yang Terhapus Permanen

Sekaligus semua

Cara menghapus video di Telegram berikutnya bisa juga secara sekaligus. Namun caranya sangat jauh berbeda dengan tutorial sebelumnya.

Meski begitu, dengan tutorial yang satu ini kamu tidak hanya menghapus video, namun juga foto, stiker, dan berkas lainnya. Untuk lebih jelasnya, langsung simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

  • Pertama-tama, buka aplikasi Telegram.
  • Lalu, klik icon garis tiga untuk membuka menu di Telegram.

Menu Telegram

  • Klik menu Pengaturan > klik Data dan Penyimpanan.

Cara Menghapus Cache

  • Di menu Data dan Penyimpanan, klik Pemakaian Penyimpanan > klik Bersihkan Cache.

Cara Menghapus File Vidio

  • Kamu bisa memilih apa saja yang akan dihapus, apakah hanya Video atau semuanya (foto, stiker animasi, dan berkas lainnya).
  • Jika ingin menghapus semuanya, langsung klik Bersihkan Cache.

Cara Delete File Video

  • Maka seluruh data mulai dari foto, video, stiker animas, dan berkas lainnya pun akan terhapus secara permanen dari HP kalian.

Selain menghapus seluruh video yang ada di Telegram, kamu juga bisa mengatur fitur Simpan Media. Silakan geser toggle di waktu yang diinginkan.

Cara Menghapus Video di Telegram

Misalnya, ketika kamu mengatur toggle di 1 bulan, maka foto atau video dan berkas lain dari chat yang sudah tidak akses selama periode tersebut akan dihapus dari perangkat.

Hal itu agar menghemat ruang penyimpanan. Tapi jika diperlukan lagi, kamu hanya harus mengunduh lagi file tersebut di Telegram.

BACA JUGA: Cara Blokir Kontak di Telegram Agar Tak Bisa Menghubungi Kita

Itu dia, cara menghapus video di Telegram yang sudah di download di HP Android. Semoga dapat bermanfaat.

Share.

Leave A Reply