Cara mengaktifkan mode aman di HP Xiaomi ternyata masih belum banyak diketahui para Mi Fans. Wajar saja, fitur tersebut memang sangat jarang sekali digunakan oleh para pengguna Android, termasuk Xiaomi.

Padahal terkadang kita perlu masuk ke mode aman atau safe mode apabila terjadi masalah pada ponsel Android kita.

Ya, fitur mode aman ini adalah sebuah mode yang bisa kita digunakan untuk memperbaiki kerusakan yang ada pada sebuah sistem, hal ini mencakup komputer atau ponsel pintar.

Dengan mengaktifkan mode aman, pengguna bisa memeriksa apakah ada aplikasi tertentu yang menyebabkan masalah pada sistem operasi Android.

Selain itu, mengaktifkan safe mode juga diyakini bisa digunakan untuk memperbaiki HP yang sering restart sendiri atau sulit booting.

Meski fitur mode aman ternyata sangat bermanfaat, tapi ketidaktahuan pengguna akan keberadaan fitur itu membuat fitur itu jarang digunakan.

Ada banyak masalah yang kerap dialami pengguna ponsel Xiaomi, mulai dari aplikasi keluar sendiri, aplikasi tidak bisa dibuka, kamera keluar sendiri, memori penuh, hingga touchscreen tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kondisi seperti itu bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena virus, bug pada sistem, aplikasi tidak kompatibel, dan lainnya.

Untuk mengetahui permasalahan yang terjadi, kita tentu harus melakukan identifikasi mendalam. Nah, pengguna bisa mencoba dengan mengaktifkan fitur mode aman untuk mengecek sistem atau aplikasi yang bermasalah.

Ketika pengguna memilih untuk mengaktifkan mode aman, ponsel hanya akan mem-boot sistem operasi dan melakukan pengecualian terhadap aplikasi pihak ketiga.

Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa mendiagnosis pada fitur atau aplikasi bawaan yang tidak berfungsi atau terjadi permasalahan.

Setelahnya, kamu pun bisa memastikan apakah masalah itu terjadi lantaran rusaknya komponen atau masalah di aplikasi.

Lantas, apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan safe mode di HP Xiaomi? Jika belum, langsung simak pembahasannya di bawah ini, guys.

Cara Mengaktifkan Mode Aman di Xiaomi

Langsung saja, berikut ini tata cara masuk safe mode di HP Xiaomi yang bisa kalian praktikkan dengan mudah. Untuk smartphone Android merek lainnya mungkin sedikit berbeda cara pengaktifannya.

Matikan HP

Langkah pertama silakan matikan HP kalian terlebih dahulu. Untuk caranya, ada bebera metode yang bisa dipilih, yakni dengan tombol fisik atau dari fitur quick ball jika kamu mengaktifkannya

Kamu bisa memilih metode mana yang kamu inginkan. Pada intinya, kamu hanya perlu mematikan HP Xiaomi kalian.

Nyalakan kembali HP

Setelah HP dalam keadaan mati, tunggu beberapa saat dan nyalakan kembali. Caranya, tekan tombol power selama beberapa detik sampai muncul logo Xiaomi.

Jika logo Xiaomi sudah muncul, silakan tekan dan tahan tombol volume bawah (down) sampai proses booting selesai.

Cara Mengaktifkan Mode Aman di Xiaomi

Jika layar sudah menyala kembali, langsung lepaskan jari tanganmu dari volume bawah.

Lihat di bagian pojok kiri bawah layar HP, jika terdapat tulisan Mode Aman atau Safe Mode, berarti kalian telah berhasil mengaktifkan fitur safe mode.

Mode aman Xiaomi

Ketika berada di mode aman, maka hanya aplikasi sistem yang tampil. Tapi tenang saja, setelah kamu keluar dari safe mode atau kembali ke mode default, aplikasi pihak ketiga akan kembali muncul seperti biasa.

Aplikasi Bawaan Xiaomi

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan atau keluar dari mode aman di HP Xiaomi? Kami akan membahasnya pada artikel selanjutnya, guys.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi MIUI 12.5 dan 13

Itulah cara mengaktifkan mode aman atau safe mode di HP Xiaomi yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Semoga bermanfaat

Share.

Leave A Reply