Cara menghilangkan tombol navigasi Xiaomi MIUI 12 dan 13 ternyata berbeda dengan di MIUI sebelumnya. Sehingga, bagi para pengguna yang sudah meng-update MIUI cukup kebingungan melakukannya. Apakah kamu pun begitu?

Tak perlu khawatir, cukup simak tutorial di artikel ini sampai selesai karena kami akan menjelaskannya secara detail untuk kalian.

Tombol navigasi merupakan tombol yang ada pada setiap HP yang letaknya di bawah layar utama. Biasanya, ada tiga tombol navigasi yang tampil yakni tombol recent apps, home, dan kembali.

Menghilangkan tombol navigasi di sini sama artinya dengan mengubah tombol navigasi menjadi gerakan layar usap supaya layar menjadi penuh.

Pengguna pun hanya perlu membuat gerakan atau usapan sesuai petunjuk untuk kembali, membuka recent apps, dan tombol home. Selain itu, pengguna juga tak perlu lagi mengepaskan ujung jari dengan tombol navigasi yang ingin di klik.

Tombol navigasi di setiap HP Android pastinya sangat bermanfaat dan mempermudah pengguna untuk masuk ke menu atau tombol lainnya hanya dengan menekan layar.

Meski bermanfaat, namun bagi sebagian pengguna, tombol navigasi ternyata cukup mengganggu. Apalagi tombolnya cukup dekat dengan sejumlah icon aplikasi yang kita letakan di layar utama.

Hal itu pun membuat mereka sering kali salah memencet tombol. Selain itu, mereka pun ingin menikmati layar penuh pada ponselnya.

Perlu kalian ketahui, untuk mematikan tombol navigasu di Xiaomi hanya bisa mendukung pada MIUI 10, 11, 12, 13 atau versi MIUI terbaru lainnya yang akan ada.

Namun untuk versi MIUI di bawahnya tampaknya sudah tidak mendukung lagi. Lalu dari sisi OS (sistem operasi), hampir semua HP Xiaomi dengan OS Android 9 ke atas sudah support mematikan tombol navigasi tanpa aplikasi tambahan.

Hanya saja untuk mematikan tombol navigasi, setiap versi antarmuka sistem MIUI yang digunakan biasanya berbeda. Dan pada tutorial kali ini kami menggunakan HP Xiaomi Redmi 10 dengan MIUI 13.

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Xiaomi

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja ini dia tutorial cara mematikan tombol navigasi di HP Xiaomi dengan fitur bawaan yang sudah tersedia.

Buka menu Setelan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Setelan di HP Xiaomi kalian terlebih dahulu. Kalian bisa membuka menu Setelan melalui layar utama atau di status bar.

Menu Setelan Xiaomi

Setelah berada di menu Setelan, silakan klik opsi menu Layar utama.

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi di HP Xiaomi

Tampil lagi deretan opsi menu, dan yang harus di klik adalah menu Navigasi sistem.

Cara Menonaktifkan Navigasi HP

Pilih Navigasi Sistem

Langkah terakhir untuk menonaktifkan tombol navigasi di HP Xiaomi adalah dengan memilih opsi Gerakan.

Pengaturan Navigasi Sistem

Setelah mengklik Gerakan, akan muncul pop up untuk mempelajari gerakan. Jika ingin mempelajari gerakan terlebih dahulu, klik Pelajari, namun jika tidak silakan klik Nanti.

Pelajari gerakan tanpa tombol navigasi

Tunggu beberapa saat dan tombol navigasi pun akan hilang. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Tombol Navigasi Sudah Dihilangkan

Sampai tahap ini, cara mematikan tombol navigasi di Xiaomi setelah selesai. Kalian tak perlu lagi merasa terganggu dengan adanya tombol navigasi karena sudah dinonaktifkan.

Kini layar usap atau gesture swipe pun telah aktif, dan penggunaan ponsel pun jadi lebih dinamis dan cepat.

Jika sewaktu-waktu ingin mengaktifkan tombol navigasi lagi, kalian hanya harus melakukan langkah-langkah yang sama seperti yang sudah dijelaskan tadi. Namun opsi yang dipilih adalah Tombol, maka tombol navigasi pun akan muncul kembali.

BACA JUGA: Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi yang Tidak Penting di Xiaomi

Sekian untuk pembahasan kali ini mengenai cara menghilangkan tombol navigasi Xiaomi tanpa aplikasi. Kembali lagi ditekankan, tutorial ini mungkin akan berbeda dengan HP Xiaomi dengan MIUI lainnya.

Share.

Leave A Reply