Semakin pesatnya teknologi internet dunia, kini banyak hal bisa dilakukan secara online, salah satunya dengan mencari lowongan pekerjaan menggunakan situs cari kerja.

Dengan adanya situs ini, pada pencari kerja tidak perlu lagi berkeliling atau wara-wiri mengunjungi perusahaan untuk menyerahkan lamaran pekerjaan.

Kamu hanya membutuhkan modal kuota internet dan smartphone saja untuk menyambangi situs-situs pencari kerja yang kini sudah banyak hadir dan bisa kamu akses secara gratis dengan menggunakan aplikasi browser.

Tapi kamu tetap harus berhati-hati, karena tidak sedikit situs pencari kerja abal-abal dengan tujuan menipu untuk mencari keuntungan secara tidak benar.

Nah, jika kamu masih takut dan keliru, berikut kami akan merekomendasikan beberapa situs cari kerja online dan terpercaya di Indonesia yang bisa kamu coba.

Daftar Situs Cari Kerja Terpercaya di Indonesia

JobStreet

JobStreet
JobStreet. (IST)

Pada jajaran pertama ada Jobstreet. Layanan yang sudah berdiri sejak tahun 1997 ini, menjadi salah satu situs terbaik untuk pencari kerja.

Situs ini sudah bekerja sama dengan lebih dari 100 ribu perusahaan di berbagai negara, termasuk di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

JobStreet sendiri saat ini memuat lebih dari 12 juta pencari kerja yang sudah terdaftar, para pencari kerja tersebut hanya perlu mendaftarkan diri, dan nantinya mereka akan mendapatkan rekomendasi pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan minatnya.

Situs ini juga akan mengirimkan email lowongan pekerjaan secara berkala pada alamat email yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.

Karir

Karir
Karir. (IST)

Selanjutnya ada situs cari kerja Karir, dengan menggunakan situs ini, kamu bisa mencari pekerjaan dengan mudah.

Mengapa demikian? Karena Karir merupakan situs pertama yang dibuat oleh di Indonesia dan didirikan oleh PT Karir Komunikasi Pratama yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta.

Situs ini menawarkan antarmuka sederhana tapi tetap menarik, terbukti dengan halaman homepage yang akan membuat kita nyaman saat sedang mencari pekerjaan pada situs ini.

Menariknya, selain lowongan kerja populer, Karir juga akan merekomendasikan beberapa lowongan kerja yang sesuai dengan profilmu. Secara garis besar, cara kerja situs ini sama dengan JobStreet, diaman pelamar harus mendaftar akun terlebih dahulu untuk membuat profil atau resume.

Karir juga menyediakan berbagai lowongan pekerjaan yang bisa kamu cari berdasarkan domisili. Ada lebih dari 18 sektor atau industri yang bisa kamu temukan, mulai dari perdagangan umum, asuransi, telekomunikasi, media, otomotif, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Situs Tes IQ Online

LinkedIn

Kemudian ada Linkedln, situs ini sebenarnya merupakan sebuah media sosial layaknya Instagram dan Facebook. Hanya saja, media ini diperuntukkan untuk para pencari kerja dan profesional untuk membangun karir dan relasi bisnisnya.

Layanan yang dikembangkan pertama kali di California, Amerika Serikat ini, menawarkan berbagai tools yang sangat bermanfaat bagi para pencari kerja.

Kamu bisa menemukan banyak lowongan pekerjaan di seluruh dunia dengan mudah, tak heran jika ada lebih dari 500 juta orang di dunia menggunakan situs ini untuk mencari kerja.

Menariknya, situs ini juga menyediakan mode Open to Work yang bisa kamu diaktifkan oleh user yang belum mendapatkan pekerjaan, sehingga perusahaan yang sedang mencari pekerja bisa mengetahui user tersebut sedang mencari pekerjaan.

Selain itu, Linkedin juga menyediakan fitur search jobs yang akan memudahkan penggunanya untuk mencari pekerjaan sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

Loker.ID

Loker.ID
Loker.ID. (IST)

Tak kalah menarik dengan situs pencari kerja online lainnya, kamu juga bisa menggunakan situs Loker.ID untuk mencari pekerjaan.

Aplikasi yang telah berdiri sejak tahun 2007 ini memuat lebih dari 30 kategori pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan, minat, dan bakat yang dimiliki, seperti konstruksi, bangunan, kecantikan, restoran, pabrik, dan masih banyak lagi.

Situs ini juga memiliki banyak fitur unggulan, salah satunya yaitu tersedianya fitur khusus pelamar untuk menentukan besaran gaji yang diinginkannya.

Untuk mengakses situs ini, kamu bisa mengunjungi link https://www.loker.id/ melalui aplikasi browser yang kamu miliki.

Glints

Glints merupakan salah satu layanan pencari kerja dengan sistem kerja yang unik, dimana situs ini pada awalnya dirancang untuk mencari pekerjaan tapi seiring berkembangnya teknologi developernya mengembangkan situs ini sebagai media sosial.

Melalui situs ini, kamu bisa menemukan berbagai fitur menarik yang akan memberikan kesempatan pada pencari kerja untuk saling bertanya, bertukar informasi, sehubungan dengan dunia kerja.

Selain itu, Glints juga menyediakan fitur Expert Class yang bergunakan untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas pencari kerja. Jenis-jenis kelasnya pun cukup banyak, mulai dari resource, marketing, data analysis, dan masih banyak lagi.

KarirHub Kemnaker

Berikutnya ada KarirHub Kemnaker. Sesuai dengan namanya, layanan ini merupakan situs lowongan kerja yang dikembangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia.

Situs ini sangat aman digunakan, hampir semua lowongan yang ada pada situs ini benar adanya karena semua lowongan pekerjaan sudah melalui proses observasi terlebih dahulu.

Situs ini juga menyediakan lowongan kerja yang cukup lengkap, mulai dari admin gudang, sales, cleaning service, crew, tenaga produksi, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa mencari pekerjaan berdasarkan lokasi pekerjaan, bidang keahlian, hingga tipe pekerjaan melalui situs ini.

Adapun kelebihan yang bisa kamu nikmati dari KarirHub Kemnaker yaitu transparansi gaji yang akan diterima untuk sebuah pekerjaan, dimana hal tersebut merupakan salah satu pengaturan wajib agar perusahaan yang membuka lowongan bisa terbuka kepada calon pelamar.

Indeed Job Search
Indeed Job Search. (IST)

Terakhir ada Indeed. Layanan yang didirikan oleh Connecticut ini, sama dengan layanan pencari kerja lainnya, dimana Indeed menyediakan fitur-fitur khusus untuk memudahkan pencari kerja mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahliannya.

Keunggulan dari situs ini yaitu adanya informasi mengenai company review yang berisikan informasi secara rinci mengenai sebuah perusahaan, hal tersebut tentunya berasal dari perusahaan ternama.

Tapi, untuk beberapa perusahaan yang belum terkenal maka company review ini jadi salah satu hal yang penting untuk para calon pelamar untuk mengetahui kualifikasi perusahaan tujuannya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan dan mengantisipasi dari perusahaan abal-abal.

BACA JUGA:  Situs Download Anime Subtitle Indonesia

Itulah situs cari kerja yang bisa kamu gunakan untuk mencari kerja, baik itu untuk fresh graduate atau yang sudah berpengalaman.

Share.

Leave A Reply