Apakah ada cara mengarsipkan reels Instagram (IG)? Pastinya hal tersebut yang sampai ini sedang kamu pertanyakan. Perlu kamu ketahui bahwa jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ada.

Rancah Post pun akan membahas tutorial lengkap mengenai cara arsipkan reel Instagram pada kesempatan kali ini. Untuk itu, kalian wajib menyimak artikel ini sampai selesai.

Sedikit membahas, Reels di Instagram merupakan salah satu fitur yang bisa dibilang cukup baru di Instagram. Banyak yang memanfaatkan fitur reels untuk mengunggah konten-konten menarik.

Awalnya, di Instagram hanya ada fitur mengunggah foto dan video saja. Namun seiring berjalannya waktu, pihak Instagram semakin memperbanyak fitur-fitur di dalamnya yang mengikuti kemajuan teknologi saat ini.

Fitur reels di Instagram kerap kali dianggap oleh sejumlah orang sebagai pesaing TikTok. Dengan fitur tersebut siapapun bisa membuat video semenarik dan sekreatif mungkin.

Kita bisa membuat konten reels dengan cara merekam secara langsung atau mengambil video dari galeri lalu mengedit dengan fitur editingnya yang lengkap sebelum kemudian mengunggahnya.

Jika video reels yang diunggah sangat menarik, tak menutup kemungkinan akan banyak orang yang menyukainya. Sehingga ini bisa menjadi salah satu cara menambah followers di Instagram.

Di reels kita juga bisa menambahkan musik sesuai keinginan dan sesuai juga dengan cuplikan videonya.

Namun terkadang, beberapa reels yang kita unggah ke Instagram ada yang kurang menarik dan mungkin kurang bagus jika terus dibiarkan berada di akunmu serta dilihat banyak orang.

Mungkin saja reels tersebut berisi hal privasi atau ada yang kurang dari sisi editing.

Ingin menghapusnya tapi masih ragu karena viewers dan like di reels itu cukup banyak. Namun lagi-lagi kamu terkendala dengan isi kontennya yang mungkin menurutmu kurang pas jika terus dibiarkan dilihat banyak orang.

Tenang saja, kamu bisa menyembunyikan reels tersebut dari profil dengan cara mengarsipkannya. Jika kamu masih bingung dengan bagaimana caranya, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengarsipkan Reels Instagram

Langsung saja, berikut ini tata cara mengarsip reels di Instagram agar videonya tidak bisa lagi dilihat oleh pengguna lain.

Buka aplikasi Instagram

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya membuka aplikasi Instagram terlebih dahulu. Pastikan sudah login dengan akun yang postinggan reels-nya akan diarsipkan.

Kemudian, klik foto profil di pojok kanan bawah untuk membuka profil akun akun Instagram milikmu.

Cara Membuka Profil Instagram

Cari dan pilih reels yang akan diarsipkan

Di laman profil akun, silakan cari reels yang ingin diarsipkan. Setelah ketemu, langsung buka video reels tersebut.

Selanjutnya, klik icon titik tiga di pojok kanan atas postingan > klik Arsipkan. Setelah ini, reels tersebut akan diarsipkan dan menghilang dari profilCara Mengarsipkan Reels di Instagram Kita

Kini reels tersebut tidak akan tampil lagi di profil akunmu dan tidak ada satu pun pengguna Instagram lain yang bisa melihatnya.

BACA JUGA: Cara Menghapus Draft di Instagram Agar Tak Menumpuk

Cara melihat reels yang diarsipkan

Setelah mengarsipkan reels Instagram, maka hanya kamu yang bisa melihat reels tersebut. Lantas bagaimana cara untuk melihat reels yang diarsipkan?

Untuk melihat reels yang diarsipkan caranya sangat mudah. Silakan bukan profil akun Instagram kamu, lalu klik tiga garis di pojok kanan atas > klik Arsip.

Cara Melihat Arsip di Instagram

Di menu tersebut kamu akan melihat semua postingan yang pernah kamu arsipkan, baik foto, video, maupun reels.

Cara mengembalikan arsip reels Instagram

Selain mengarsipkan, kamu juga tentunya bisa mengembalikan arsip reels Instagram itu ke profil akunmu kapan saja.

Caranya masih tetap berada di fitur Arsip, silakan klik reels yang hendak dikembalikan ke profil akun Instagram kamu.

Cara Melihat Arsip
Cara Melihat Arsip. (IST)

Cara Mengembalikan Reels Instagram yang Diarsipkan. (IST)Kemudian, klik icon titik tiga > pilih Tampilkan di Profil > klik Tampilkan di Profil lagi sebagai konfirmasi.Cara Mengembalikan Reels IG yang Diarsipkan

 

Setelah ini, Reels tersebut akan muncul kembali di profil akunmu dan bisa dilihat lagi oleh pengguna Instagram lainnya.

BACA JUGA: Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi di HP dan Laptop

Satu persatu pembahasan pada artikel ini sudah selesai kami jelaskan. Dimulai dari cara mengarsipkan reels Instagram, cara melihat arsip, hingga cara mengembalikan reels yang diarsipkan. Cara-caranya sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply