Cara menonaktifkan aplikasi di Xiaomi yang tidak diperlukan atau sangat jarang digunakan wajib diketahui para Mi Fans.

Biasanya seseorang ingin menonaktifkan aplikasi di HP mereka agar tidak terlalu banyak mengonsumsi kapasitas RAM.

Oleh karena itulah, pengguna Xiaomi memilih mematikan aplikasi di smartphone mereka. Namun yang menjadi permasalahannya adalah masih banyak Mi Fans yang kebingungan bahkan belum mengetahui caranya.

Jika kamu salah satunya, mengklik artikel ini adalah keputusan yang tepat karena Rancah Post telah menyiapkan tutorial lengkapnya untuk kalian.

Namun sebelum ke tutorialnya, kalian wajib tahu terkait aplikasi apa saja yang bisa dinonaktifkan di HP Xiaomi.

Ya, aplikasi yang bisa dinonaktifkan di Xiaomi biasanya merupakan aplikasi bawaan yang sudah ada sedari awal membeli HP.

Pasalnya, aplikasi yang diinstall sendiri oleh pengguna, masih bisa di-uninstall maupun diinstall sesuai keinginan masing-masing penggguna.

Namun biasanya kebanyakan aplikasi bawaan jarang atau bahkan tidak pernah digunakan oleh pengguna selama mengoperasikan HP Xiaomi.

Hal lain yang juga wajib kalian perhatikan sebelum menonaktifkan apliksi adalah jangan sampai salah mematikan aplikasi.

Karena beberapa aplikasi merupakan aplikasi untuk komponen sistem. Jika aplikasi komponen sistem dimatikan, maka dapat berakibat fatal pada jalannya sistem operasi.

Untuk itu, jangan sampai salah dalam mematikan aplikasi ya, guys. Dengan mematikan aplikasi, ruang penyimpanan dan RAM pastinya jadi lebih lega.

Cara Menonaktifkan Aplikasi di Xiaomi

Buat yang masih kebingungan, langsung saja simak pembahasan selengkapnya mengenai cara mematikan aplikasi di HP Xiaomi yang pastinya mudah untuk dipraktikkan.

Buka Google Play Store

Langkah pertama untuk mematikan aplikasi di HP Xiaomi adalah dengan membuka Google Play Store terlebih dahulu.

Ya, kita akan menonaktifkan aplikasi melalui Google Play Store. Setelah berada di laman Play Store, klik foto profil akun lalu klik Bantuan & masukan yang berada di bagian paling bawah.Cara Menonaktifkan Aplikasi di HP Xiaomi Lewat Play Store

Cari artikel tentang menghapus dan menonaktifkan aplikasi di Xiaomi

Langkah selanjutnya, silakan klik artikel yang membahas tentang menghapus atau menonaktifkan aplikasi di HP Android.Referensi Bantuan di Play Store

Lihat di bagian opsi Menghapus aplikasi yang telah diinstall, kemudian klik Ketuk untuk membuka Setelan Aplikasi.Cara Mematikan Aplikasi

BACA JUGA: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi MIUI 12.5 dan 13

Pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan

Cara menonaktifkan aplikasi di HP Xiaomi berikutnya adalah memilih aplikasi yang akan dinonaktifkan di menu Kelola aplikasi.

Seperti dijelaskan di awal, jangan sampai menginstall aplikasi sistem agar tak berpengaruh pada jalannya sistem operasi.

Klik Nonaktifkan, lalu akan muncul peringatan sekaligus konfirmasi untuk mematikan aplikasi.Nonaktifkan Aplikasi

Baca terlebih dahulu sebelum menonaktifkan aplikasi, jika tetap yakin ingin menonaktifkannya, langsung klik Menonaktifkan aplikasi.Konfirmasi Menonaktifkan Aplikasi

Setelah ini, maka aplikasi yang dinonaktifkan sudah tidak tampil lagi di layar HP kalian.  Jika ingin menonaktifkan aplikasi yang diinstall sendiri, maka silakan pilih opsi untuk meng-uninstall.

Cara mengaktifkan kembali aplikasi yang dinonaktifkan

Setelah menonaktifkan aplikasi, tentu kamu bisa mengaktifkan kembali aplikasi tersebut kapan saja jika diperlukan. Caranya sama seperti hendak menonaktifkannya, dan pilih Aktifkan.

Cara Mengaktifkan Aplikasi Lagi

Maka aplikasi akan aktif dan bisa kembali digunakan. Selain itu, aplikasi juga akan muncul di daftar aplikasi yang ada di layar.

BACA JUGA: Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dan Penyebabnya

Itu dia, satu persatu cara menonaktifkan aplikasi di HP Xiaomi yang bisa kalian praktikkan. Sangat mudah dan pastinya berhasil. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply