Fitur TalkBack pada HP Realme memang memiliki kelebihan dan kekurangannya, meskipun sebagian besar orang menganggapnya cukup mengganggu, ada cara menonaktifkan TalkBack di HP Realme yang bisa kamu lakukan.

Mungkin kamu cukup asing dengan fitur ini, meskipun fitur ini hadir hampir di semua jenis smartphone Android, tapi fitur ini tidak bisa digunakan oleh semua orang.

Untuk kamu yang belum tahu, fitur TalkBack atau Voice Assistant merupakan fitur yang membantu pengguna rabun dan tunanetra, dimana fitur ini bekerja untuk memberikan umpan balik suara sehingga kamu bisa menggunakan ponsel tanpa melihat layarnya.

Pada beberapa kasus, fitur TalkBack di HP Relame bisa aktif sendiri saat penggunanya secara tidak sadar menekan tombol volume atas dan bawah secara bersamaan, dimana tombol tersebut berfungsi untuk mengaktifkan fitur TalkBack.

Aktifnya fitur tersebut secara tidak sengaja sering membuat penggunanya kebingungan dan fitur tersebut tentunya sangat mengganggu bagi pengguna normal.

Nah, jika kamu ingin menonaktifkan fitur TalkBack pada HP Realme yang kamu gunakan, kamu bisa simak tutorial cara mengaktifkannya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci di HP Realme

Cara Menonaktifkan TalkBack di HP Realme

Seperti telah dibahas sebelumnya, fitur TalkBack pada HP Realme ini cukup mengganggu pengguna, karena saat fitur ini aktif, maka cara penggunaan HP jadi berbeda, dimana kamu harus melakukan tap atau klik secara berulang-ulang.

Sebenarnya, dengan hadirnya fitur ini bisa memberikan banyak manfaat bagi penyandang Tunanetra atau pengguna dengan kekurangan fisik lainnya, terutama di bagian pendengaran dan penglihatan.

Tapi jika kamu terlanjur risih karena fitur ini mengganggu banyak aktivitas pada ponsel, kamu bisa coba cara di bawah ini untuk menonaktifkannya:

Nonaktifkan melalui Pengaturan

  • Pertama buka menu pada ponsel Realme yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya cari dan pilih aplikasi Setting atau Pengaturan HP tersebut.
  • Lalu, cari dan pilih menu Pengaturan Sistem.

    Pilih Pengaturan Sistem
    Pilih Pengaturan Sistem. (IST)
  • Kemudian pilih menu Aksesibilitas, opsi ini biasanya ada di menu Penglihatan.

    Pilih Aksesbilitas
    Pilih Aksesbilitas. (IST)
  • Setelah itu cari menu Talkback, dan nonaktifkan

    Nonaktifkan TalkBack
    Nonaktifkan TalkBack. (IST)
  • Untuk menonaktifkannya, kamu bisa tap dua kali jik talkback aktif.
  • Selesai.

Cara Menonaktifkan Talback dengan Tombol

Sama seperti saat MEMATIKAN TALKBACK DI HP VIVO, XIAOMI dan HP Android lainnya, di HP Realme juga tersedia tombol yang berfungsi untuk menonaktifkan TalkBack.

Tombol tersebut tentu saja bukan tombol khusus, melainkan kombinasi antara tombol-tombol yang tersedia di perangkat tersebut, seperti volume up, volume down dan power.

Sedangkan untuk metode mematikan TalkBack menggunakan tombol di HP Realme tentu saja lebih praktis daripada cara diatas. Sebab, kalian hanya perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka HP Realme (masukkan PIN / sandi / pola jika ada)
  • Setelah itu tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down secara bersamaan
  • Jika sudah, pada layar HP Realme akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa fitur TalkBack berhasil dimatikan.

BACA JUGA: Cara Mematikan Auto Correct di HP Xiaomi

Demikianlah cara menonaktifkan Talkback di HP Realme yang bisa kamu lakukan.

 

 

Share.

Leave A Reply