Semakin majunya teknologi, kini banyak laptop murah dengan mengusung spesifikasi bagus dan tentunya dilengkapi dengan fitur -fitur mumpuni, contohnya saja dengan adanya aplikasi webcam untuk laptop.

Jika dulu tak semua laptop bisa menggunakan fitur default dari laptop tersebut, lain halnya dengan sekarang, dimana kamu bisa dengan mudah untuk melakukan pembelajaran online atau daring menggunakan aplikasinya secara langsung.

Dengan adanya fitur webcam, kamu bisa lebih mudah untuk mengambil foto, merekam video, hingga melakukan meeting online saat semua pekerjaan dilakukan dari rumah.

Hanya saja, fitur webcam ini masih memiliki keterbatasan, entah itu fiturnya yang masih sedikit atau kualitasnya yang kurang memuaskan.

Untuk itu, kamu membutuhkan aplikasi webcam untuk mengatasi semua kendala yang bisa saja terjadi dan menjaga kualitas pengambilan gambar baik itu dalam bentuk foto atau video.

Nah, berikut kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi webcam untuk laptop yang bisa kamu gunakan.

Daftar Aplikasi Webcam untuk Laptop

1. Windows Camera

Windows Camera
Windows Camera. (IST)

Windows Camera merupakan salah satu software kamera yang memiliki kemampuan lebih cepat dan lebih sederhana dari versi sebelumnya.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengarahkan dan melakukan potret untuk mengambil gambar yang bagus secara otomatis di laptop yang menjalankan Windows 10.

Menariknya, jika kamu melakukan perekaman melalui aplikasi ini, kamub isa menheda dan melanjutkannya kapanpun kamu mau, dimana aplikasi ini bisa secara otomatis menyatukan semua file yang kamu video menjadi satu ideo tanpa heda.

Hanya saja, untuk menggunakannya kamu membutuhkan world facing kamera, dan membutuhkan kamera yang mendukung resolusi 1080p atau lebih tinggi.

2. Debut Video Capture – Aplikasi Webcam untuk Laptop

Debut Video Capture - Apk Webcam ntuk Laptop
Debut Video Capture – Apk Webcam ntuk Laptop. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi webcam untuk laptop yaitu Debut Video Capture. Software yang satu ini bisa kamu gunakan untuk merekam video melalui webcam laptop, webcam eksternal, dan mereka layar desktop tanpa syarat apapun.

Hasil rekaman tersebut juga bisa kau simpan dengan format yang kamu inginkan, baik itu MP4, AVI atau bahkan WMV.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menjadwalkan perekaman video sesuai waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu kamu tidak perlu melakukan setting manual saat melakukan daring atau meeting online.

BACA JUGA:  Aplikasi Kamera yang Bagus Untuk Foto

3. YouCam

YouCam
YouCam. (IST)

YouCam juga jadi salah satu software webcam terbaik yang bisa kamu gunakan untuk Windows 10, baik itu komputer, PC atau laptop.

Aplikasi ini berukuran 1GB, sehingga kamu harus memiliki ban ruangan agar bisa dioperasikan dengan baik pada laptop yang kamu miliki.

YouCam sendiri dilengkapi dengan banyak fitur unggulan yang sangat lengkap, mulai dari panorama, HDR, dan fitur lainnya yang akan membuat hasil gambar jernih dan bersih.

Menariknya, kamu bisa menginstall software ini di laptop murah yang sudah dilengkapi dengan prosesor Core i5 saja.

4. Bandi Cam – Aplikasi Webcam untuk Laptop

Bandi Cam - Apk Webcam untuk Lapto
Bandi Cam – Apk Webcam untuk Laptop. (IST)

Bandi Cam merupakan salah satu aplikasi webcam untuk laptop yang paling ringan untuk Windows, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk merekam apapun di layar laptop atau PC yang kamu gunakan dengan kualitas tinggi.

Menariknya, dengan aplikasi ini kamu juga bisa emrekalayar di area tertentu atau menangkap gambar dengan menggunakan teknologi DirectX/OpenGL/Vulkan.

Hadirnya aplikasi ini tentunya sangat membantu penggunanya untuk mereka game dengan kompresi tertinggi, serta menjaga kualitas video semirip mungkin dengan aslinya.

Bandicam juga memiliki kemampuan untuk merekam video dari alat tambahan seperti, kamera web, Xbox/PlayStation, HP, IPTV, dan lainnya.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa mengunjunig situs https://www.bandicam.com/id/ untuk mengunduhnya.

5 . Logitech Capture

Logitech Capture
Logitech Capture. (IST)

Kemudian kamu bisa menggunakan Logitech Capture sebagai sumber kamera ke platform streaming favorit yang kamu gunakan, seperti Zoom, YouTube, Twitch, dan lainnya.

Melalui aplikasi ini kamu bisa merekam video vertikal 9:16 dengan mudah untuk beberapa kebutuhan

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan filter, transisi, dan batas dengan cepat untuk mempersonalisasi konten kamu, serta menggunakan kontrol yang kuat seperti Chroma Key untuk menghapus latar belakang Anda agar lebih mengkilap.

6. Many Cam

Many Cam
Many Cam. (IST)

Manycam merupakan salah satu software webcam terakhir yang bisa kamu coba.

Aplikasi ini bisa kamu hubungkan ke Zoom, Webex, Microsoft Teams, Google Meet, atau aplikasi panggilan video apa pun sebagai kamera virtual dan ubah panggilan konferensi, obrolan video, dan presentasi bisnis kamu dengan lebih mudah.

Menariknya, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menghapus atau mengganti latar belakang dengan membalik tombol dengan latar belakang virtual selama konferensi web, ruang kelas, atau obrolan video virtual tanpa layar hijau.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat tata letak apapun yang kamu butuhkan di jendela dengan adanya lapisan gambar dalam gambar yang bisa kamu sesuaikan sesuai keinginan.

BACA JUGA:  Aplikasi Kamera Kekinian

Itulah beberapa aplikasi webcam untuk laptop yang bisa kamu gunakan agar tampilan rekaman lebih jernih dan mirip aslinya.

Share.

Leave A Reply