RANCAH POST – Setelah sebelumnya membahas cara screenshot di HP Samsung A23, kali ini kami akan memberikan Anda sedikit tutorial mengenai cara screenshot Samsung A52s.

Galaxy A52s sendiri merupakan HP 5G terbaru Samsung yang diluncurkan di Indonesia pada bulan September 2021 lalu. Ponsel ini memiliki layar Super AMOLED 6.5 inci beresolusi Full HD+.

Layarnya sudah dilapisi dengan anti gores bawaan Corning Gorilla Glass 5 dan mendukung refresh rate 120 Hz. Jadi selain tahan goresan juga menawarkan kelancaran saat dipakai scrolling ataupun gaming.

Samsung Galaxy A52s ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G yang didukung RAM hingga 8 GB dan penyimpanan 256 GB serta ditopang baterai 4.500 mAh berteknologi fast charging 25W.

Hadir dengan menjalankan sistem operasi One UI 4.1 berbasis Android 12 membuat Galaxy A52s punya serangkaian fitur menarik, salah satunya adalah fitur screenshot seperti yang akan kami bahas kali ini.

Cara Screenshot Samsung A52s

Hampir serupa dengan ponsel Galaxy A Series lainnya, untuk bisa melakukan screen capture di Galaxy A52s bisa lewat kombinasi tombol fisik atau dua fitur screenshot lain, yaitu Menu Asisten dan Palm Swipe.

Tombol Fisik

Metode screenshot dengan tombol fisik merupakan salah satu yang paling mudah dan praktis untuk digunakan. Sebab, cara ini bisa langsung Anda pakai tanpa harus mengaktifkan fitur apapun dari Pengaturan.

Seperti biasa, Anda cukup mengarahkan layar pada area yang akan diabadikan lalu tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan.

Anda dapat melepaskannya apabila layar ponsel sudah berkedip yang diiringi bunyi shutter kamera. Untuk melihat hasilnya bisa dengan cara mengklik kotak pratinjau, dari notifikasi atau langsung dari Galeri.

Menu Asisten

Perlu diketahui, Anda tidak boleh terlalu sering mengambil screenshot dengan tombol fisik, karena jika digunakan secara terus-terusan dikhawatirkan dapat mengakibatkan kedua tombol tersebut cepat rusak.

Sebagai gantinya, kami sarankan Anda untuk mencoba mengambil screenshot dengan memanfaatkan bantuan fitur Menu Asisten.

Tapi sebelum mencobanya, silahkan masuk dulu ke Pengaturan lalu cari menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan > Menu Asisten.

Ketika fitur Menu Asisten diaktifkan, pada bagian kanan layar HP Samsung A52s Anda bakal muncul sebuah tombol berbentuk bulat. Bila tombol tersebut di klik akan muncul beberapa menu pintasan yang salah satunya adalah Screenshot.

Palm Swipe

Cara screenshot HP Samsung A52s tanpa tombol lain yang dapat Anda gunakan cara mengusapkan telapak tangan ke layar yang hampir mirip dengan screenshot 3 jari yang tersedia di ponsel Android bikinan brand lain.

Untuk bisa menggunakan cara ini, Anda harus masuk dulu ke Pengaturan > Fitur Lanjutan > Gerakan dan Gestur > Gesek Telapak Tangan untuk Menangkap.

BACA JUGA: 3 Cara Screenshot Vivo X80 dan Vivo X80 Pro

Kini tiap kali Anda ingin melakukan screen capture cukup tempelkan telapak tangan ke layar dan usapkan secara perlahan.

Share.

Leave A Reply