RANCAH POST – Meski hadir dengan menawarkan peningkatan spesifikasi secara besar-besaran, cara screenshot Vivo X80 dan Vivo X80 Pro tetap tidak ada yang berubah dari ponsel Vivo X Series generasi sebelumnya.

Dengan kata lain, para pengguna Vivo X80 maupun X80 Pro bisa mengambil gambar cuplikan layar dengan menggunakan kombinasi dua tombol fisik, memanfaatkan menu Screenshot di Notification Center atau melalui metode screenshot 3 jari.

Vivo X80 dan Vivo X80 Pro pertama kali diluncurkan di Indonesia pada akhir Juni 2022. Kedua ponsel tersebut sama-sama mengedepankan aspek kamera sebagai nilai jual utamanya.

Model reguler mengusung layar AMOLED 6.78 inci yang mendukung resolusi FHD+, refresh rate 120 Hz, HDR serta menawarkan tingkat kecerahan mencapai 1.500 nits.

Penerus dari Vivo X70 itu diotaki chipset MediaTek Dimensity 9000 yang dikombinasikan dengan chip Vivo V1+. Kinerjanya dibantu RAM 12 GB dan internal storage 256 GB.

Untuk kamera, Vivo X80 mempunyai tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 12 MP telephoto 12 MP. Lalu di depan, Vivo menyematkan kamera tunggal beresolusi 32 MP.

Sementara Vivo X80 Pro menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dan juga memiliki chipset tambahan Vivo V1+. Mirip model reguler, versi Pro juga memiliki RAM 12 GB yang dipasangkan dengan memori internal 256 GB.

Smartphone ini mengadopsi layar AMOLED LTPO3 berdiagonal 6.78 inci. Beda dengan versi reguler, resolusi layar Vivo X80 Pro sudah QHD+ dan dibekali fitur refresh rate yang bisa menyesuaikan kecepatannya secara otomatis dari 1-120 Hz.

Selain itu, Vivo X80 Pro juga punya kamera belakang lebih banyak, yaitu ada empat buah yang masing-masing terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera periscope telephoto 8 MP, telephoto 12 MP dan ultrawide 48 MP. Sedangkan untuk selfie disediakan kamera 32 MP di bagian depan ponsel.

Itulah pembahasan sekilas mengenai spesifikasi Vivo X80 Series, untuk mengetahui cara screenshot di kedua ponsel flagship Vivo ini dapat kalian simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Screenshot Vivo X80 Series

Kombinasi Tombol

Screenshot Vivo X80 Pro Lewat Tombol Fisik
Screenshot Vivo X80 Pro Lewat Tombol Fisik. (IST)

Cara yang pertama sudah pasti menggunakan kombinasi tombol. Ya, metode ini bisa dibilang sebagai cara paling ampuh dan mudah digunakan sebab kalian tidak perlu mengotak-ngatik settingan.

Untuk menggunakannya sendiri, kalian bisa membuka aplikasi atau halaman web yang akan di screenshot kemudian tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan.

Lalu segera lepaskan apabila muncul indikator kedipan layar dan bunyi shutter kamera. Selesai, hasilnya dapat di cek langsung di Galeri.

Screenshot Vivo X80 Tanpa Tombol

Alternatif lain yang bisa kalian coba untuk bisa mengambil gambar cuplikan layar di Vivo X80 dan Vivo X80 Pro adalah dengan memanfaatkan fitur Screenshot yang disembunyikan di panel notifikasi.

Penggunaannya bahkan bisa dibilang jauh lebih praktis dibanding cara yang pertama, yaitu tinggal usap bagian atas layar dan tarik sedikit kebawah.

Screenshot Vivo X80 Tanpa Tombol
Screenshot Vivo X80 Tanpa Tombol. (IST)

Selanjutnya tinggal pilih menu S-Capture dan secara otomatis sistem akan melakukan pengambilan gambar layar dan menyimpannya ke Galeri.

3 Jari

Sementara itu, jika kalian ingin mengambil screenshot menggunakan 3 jari, silahkan buka dulu ke menu Settings > Shortcuts & Accessibility > S-Capture > aktifkan tombol yang berada di samping kanan menu Slide Down With Three Fingers to Take a Screenshot.

Untuk menggunakannya, cukup tempelkan 3 jari kalian ke layar lalu usapkan ke arah bawah secara perlahan. Apabila layar berkedip itu artinya proses pengambilan screenshot telah berhasil dilakukan.

BACA JUGA: Cara Screenshot iPhone 13 Pro, Wah Mudah Banget!

Bagaimana cukup mudah bukan? Jadi itulah ketiga cara screenshot di Vivo X80 dan Vivo X80 Pro.

Share.

Leave A Reply