Menjadi hal yang wajar mengambil foto malam hari begitu sulit. Hal ini karena beberapa faktor seperti cahaya yang minim, susah fokus, sering noise hingga kamera yang kurang mendukung hal tersebut.

Meskipun begitu, kita tidak bisa berpasrah diri bukan dengan masalah itu? Apalagi jika kita sering hunting foto di malam hari dan ingin mengabadikan momen tersebut, tentu kamu harus menemukan cara agar foto malam hari yang diambil tidak amsyong alias jelek.

Nah, beberapa trik kamera ini mungkin akan kamu perlukan agar gambar yang dihasilkan semakin jelas dan dramatis. Bagaimana caranya? Yuk kita simak!

Cara Foto Malam Hari dengan HP agar Terlihat Lebih Dramatis

Cara Ambil Foto Menarik
Cara Ambil Foto Menarik. (IST)

Perlu diketahui bahwa saat bermaksud untuk mendapatkan foto yang bagus di malam hari, kamu mungkin perlu mengatur manual settingan kamera atau bahkan lebih peka dengan kondisi sekitar. Ini dilakukan untuk mendapatkan sisi dramatis dan foto yang lebih baik.

Agar bisa mendapat gambaran lebih jelas, kalau begitu langsung saja kita simak apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan foto yang bagus di malam hari. Check it out!

1. Memperhatikan Ambient Light sekitar

Ambient Light dalam teknik pengambilan foto merupakan sumber cahaya umum yang tidak kamu persiapkan namun ada di momen ketika kamu ingin memotret. Keberadaan sumber cahaya ini penting agar objek yang di foto terlihat jelas di kamera.

Oleh karena itu, saat kamu disuruh memotret di malam hari pastikan bahwa objek yang di foto terkena sinar yang cukup ntah berasal dari lampu restoran, lampu jalan, lampu rumah dan sebagainya. Posisikan mereka ada di samping cahaya atau di bawahnya agar kamera mudah fokus mengenai objek.

2. Gunakan tripod agar stabil – Cara Foto Malam Hari dengan HP

Kecepatan rana (Shutter speed) atau disebut juga kecepatan cahaya mengenai sensor kamera terjadi dalam waktu yang cukup lama saat malam hari.

Setidaknya ini memerlukan waktu 10 detik, tentunya jika kamera kamu pegang akan memungkinkan gerakan yang tidak terduga atau kurang stabil.

Sebab itu, untuk menghindari kondisi ini menggunakan tripod sangat dianjurkan karena tripod bisa membantu kamera lebih seimbang dan fokus ketika kecapatan rana itu terjadi.

BACA JUGA: Cara Beli Pulsa di Shopee

3. Teknik foto malam hari dengan mempertimbangkan ISO yang lebih rendah

ISO adalah salah satu fitur yang terdapat dalam pengaturan kamera untuk mengukur sensitivitas cahaya yang tersedia. Saat hunting foto malam hari dilakukan, logikanya yang masuk akal bila kamu menggunakan ISO yang tinggi saat memotret, agar objek semakin jelas terlihat.

Sayangnya dalam kamera seperti DSLR, ISO yang tinggi kerap disertai dengan noise pada gambar. Untuk menghindari hal tersebut cobalah untuk menggunakan ISO yang lebih rendah terlebih dahulu, kemudian ambil bidikan acak mengenai objek untuk melihat hasilnya.

Atur kualitas ISO sesuai gambar yang kamu inginkan berdasarkan bidikan yang didapat.

4. Ubah image quality gambar ke RAW

Umumnya kita mengenal kualitas gambar kamera seperti JPEG. Format file ini merupakan format paling umum dan banyak digunakan karena hasilnya bagus serta tidak memakan banyak memori.

Namun saat memotret di malam hari yang minim cahaya, nyatanya format ini kurang bagus untuk kamu pilih. JPEG membuat kamera terlalu mengompress gambar cukup padat yang menghasilkan gambar kurang tajam.

Oleh karena itu, ubahlah pengaturan kualitas gambarmu menjadi RAW yang memungkinkan kamu mendapat kualitas gambar yang lebih baik, meskipun menghabiskan memori yang cukup besar.

5. Untuk objek bergerak manfaatkan shutter speed

Jika tekniknya benar, kamu bisa dengan mudah menghasilkan foto malam hari yang menakjubkan dengan cara long exposure.  Langkah ini biasanya dipakai untuk mengambil objek bergerak seperti mobil atau kereta. Nantinya bentuk foto yang dihasilkan berupa guratan cahaya yang menarik dengan fokus di satu titik.

Untuk membuat objek guratan warna warni ini kamu harus mengatur menurunkan shutter speed dari 1/30 ke 30 detik. Adapun untuk memoter kilatan bintang kamu harus mengatur shutter speed lebih dari 30 detik agar cahaya bintang terlihat lebih mendetail.

6. Dapatkan foto malam hari terbaik dengan memilih aperture priority

Apakah kamu ingin memotret gedung dengan cahaya di malam hari? Kalau begitu, kamu bisa mengatur settingan manual kamera dengan memilih aperture priority. Dalam pengaturan ini nantinya shutter speed akan dipilih secara otomatis.

Jika teknik ini digunakan dengan benar, kamu bisa mendapatkan foto yang lebih optimal terutama untuk objek yang bersifat statis.

Itulah 6 teknik mendapatkan foto malam hari yang lebih bagus. Tentunya bila teknik menggunakan kamera ini terus kamu latih seiring waktu kamu juga pasti akan mengetahui bagaimana cara yang bagus saat memotret objek di malam hari. Ingat ada pepatah mengatakan, more practice make perfect!

BACA JUGA: Cara Download Foto di Instagram

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk foto di malam hari di HP Realme agar lebih terkesan dan dramatis.

Share.

Leave A Reply