Cara mengunci Instagram dengan sidik jari bisa dilakukan dengan dan tanpa aplikasi tambahan lain. Dengan begitu, aplikasi Instagram di HP kita pun lebih aman dan takkan bisa dibuka oleh sembarang orang.

Handphone merupakan barang yang berisi banyak data pribadi pemiliknya, mulai dari chat, akun-akun media sosial, foto, video kontak, dan lainnya.

Meski berisi banyak data pribadi, namun tak jarang ponsel kita dipinjam oleh saudara atau teman. Misalnya, untuk foto-foto, nebeng menelpon, dan lain sebagainya.

Hal itu tentu membuat data pribadi kita rentan diketahui banyal orang. Apalagi jika orang yang meminjam HP kamu itu kerap lancang membuka aplikasi lain tanpa izin, salah satunya aplikasi Instagram.

Tindakan tersebut tentu membuat kita risih, hendak menegur tapi tak enak hati tapi jika tidak ditegur itu sudah diluar batas.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kunci aplikasi Instagram di HP kamu dengan mengunakan sidik jari. Sehingga hanya kamu yang bisa mengakses aplikasi tersebut.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengunci aplikasi IG, yakni dengan aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi tambahan.

Jika penasaran bagaimana caranya, Rancah Post telah menyiapkan tutorial lengkapnya, baik yang menggunakan maupun tanpa aplikasi pihak ketiga.

Cara Mengunci Instagram dengan Sidik Jari

Berikut ini tata cara kunci aplikasi Instagram dengan menggunakan fitur sidik jari yang mudah untuk dipraktikkan oleh semua pengguna.

Tanpa aplikasi

Cara pertama adalah mengunci Instagram dengan sidik jari menggunakan fitur kunci aplikasi yang terdapat di HP kalian.

Fitur ini hadir di sejumlah HP Android seperti Realme, Xiaomi, Samsung, Oppo, dan lainnya. Dan pada tutorial ini kami menggunakan Xiaomi Redmi 10.

Meski begitu, cara mengaktifkannya tak jauh berbeda dengan di HP lainnya. Berikut tutorialnya.

  • Pertama, buka menu Pengaturan di HP > scroll ke bawah dan pilih menu Aplikasi.

Pengaturan Aplikasi Xiaomi

  • Kemudian, klik Kunci aplikasi > klik Hidupkan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Kunci Aplikasi

  • Di sini kalian bisa memilih metode untuk membuka aplikasi yang terkunci, yakni dengan Pola, PIN atau Sandi.
  • Misalnya, kita memilih dengan Pola. Silakan gambar pola untuk membuka aplikasi yang terkunci.
  • Namun, kalian wajib mengingat pola yang sudah dibuat dan jangan sampai lupa.
  • Setelah itu, gambar pola lagi untuk konfirmasi > klik Berikutnya.
  • Silakan pilih aplikasi Instagram atau aplikasi lainnya yang akan dikunci > klik Gunakan Kunci aplikasi jika sudah selesai memilih.

Cara Mengunci Instagram dengan Sidik Jari

  • Untuk mengunci aplikasi Instagram dengan sidik jari, silakan lakukan verifikasi sidik jari kamu dengan menempelkan ke bagian sidik jari.

Verifikasi Sidik Jari

  • Selesai!

BACA JUGA: Cara Download Story Instagram Melalui Link Berbagi di Situs iGram

Dengan aplikasi tambahan

Seperti dijelaskan di awal, cara mengunci aplikasi Instagram dengan sidik jari bisa juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi kunci sidik jari yang bisa dipilih pengguna mulai dari Smart AppLock (App Protector), Kunci Aplikasi Sidik Jari, AppLocker, AppLock, Kunci Aplikasi – Applock, PIN dan lainnya.

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Pilih salah satu aplikasi yang menurut kalian paling tepat, lalu unduh.

Setelah diunduh, langsung jalankan aplikasi dan ikuti proses pengaktifan kunci sidik jari sesuai aplikasi yang kamu gunakan.

BACA JUGA: Cara Menghapus Cache Instagram agar Tidak Mudah Error

Itu dia, cara mengunci Instagram dengan sidik jari secara mudah. Cara ini tentu hanya bisa digunakan oleh HP yang mendukung fitur sidik jari (fingerprint).

Share.

Leave A Reply