Cara Menggunakan Preset dari TikTok di Alight Motion XML sebeanrnya bisa dilakuakn dengan mudah dengan beberapa langkah saja.

Bagi konten kreator pemula pasti sering mencari tahu cara menggunakan preset ini yang nantinya bisa digunakan di aplikasi TikTok agar video yang kamu unggah lebih menarik dan mempermudah proses pengeditan video.

Untuk mempermudah kamu melakukan pengeditan, kam bisa menggunakan aplikasi tambahan, seperti aplikasi Alight Motion, dimana aplikasi tersebut kini tengah banyak digunakan untuk unggahan di media sosial, seperti Instagram, hingga TikTok.

Dikutip dari laman resminya, Alight Motion merupakan salah satu aplikasi desain profesional yang bisa kamu gunakan untuk membuat hal baru, seperti animasi, efek visual, motion graphic, edit video, hingga komposisi video.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya di Play Store atau App store. Aplikasi ini juga banyak diminati karena menawarkan berbagai fitur editing yang cukup lengkap dengan berbagai preset untuk membuat kesan visual yang keren.

Salah satu jenis format yang bisa kamu dapatkan di aplikasi ini yaitu XML, XML atau Extensible Markup Tekstuan yang memiliki aturan penulis telah ditetapkan oleh W3C.

Lalu bagaimana cara menggunakan preset dari TikTok di Alight Motion XML? Untuk mengetahui caranya, yuk simak artikel di bawah ini.

Cara Menggunakan Preset dari TikTok di Alight Motion XML

Dengan menggunakan preset TikTok di Alight Motion dalam format XML sebenarnya sangat mudah dilakukan. Tapi beberapa pengguna perlu mengetahui jika masih takut terutama untuk pemula agar proses editing yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

Ini dia cara menggunakannya:

  1. Buka Aplikasi File Manager

Pertama, buka aplikasi File Manager yang kamu miliki. Lalu cari berkas preset XML yang akan kamu gunakan.

  1. Klik Menu Bagikan

Selanjutnya, klik opsi Bagikan pada berkas XML tersebut dan pilih bagikan ke aplikasi Alight Motion. Berkas tersebut akan secara otomatis terbuka.

  1. Buat Proyek Baru yang Sudah Ada

Kemudian, buat proyek baru atau proyek yang sudah menggunakan preset XML yang sebelumnya kamu dapatkan dari aplikasi TikTok. Jika sudah ada klik icon “+” pada tampilan aplikasi

Cara Edit Video di Alight Motion

Bagi editor video pemula, cara edit video di Alight Motion menjadi metode yang umum dicari. Dikutip dari laman Alight Creative, berikut beberapa langkah mudahnya.
  • Buka aplikasi Alight Motion pada ponsel.
  • Ketuk tanda ‘+’ untuk memulai proyek baru.
  • Atur frame, nama proyek, frame rate, dan warna background. Lalu pilih opsi ‘Create Project’.
  • Masukkan foto atau video yang akan diedit. Kamu bisa menambahkan satu berkas atau lebih untuk keduanya. Bila perlu, kamu juga dapat mengatur durasi setiap berkas foto atau video yang digunakan.
  • Tambahkan efek yang tersedia pada aplikasi sesuai kebutuhan.
  • Untuk menyimpan berkas foto atau video, tekan ‘Save’ dan tunggu proses menyimpan selesai dilakukan.
  • Selesai, proses mengedit di Alight Motion berhasil dilakukan.
Itulah penjelasan tentang cara menggunakan preset Alight Motion XML. Dengan memahami tiap-tiap langkahnya, pengeditan pun dapat dilakukan dengan mudah tanpa kendala berarti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Share.

Leave A Reply