Proses screen recording atau merekam layar pada laptop memang sering dilakukan untuk berbagai kebutuhan, tapi untuk melakukannya kamu perlu teknologi khusus, dimana kamu bisa menggunakan aplikasi screen recorder laptop.

Dengan menggunakan teknologi screen recorder ini, kamu bisa lebih mudah untuk melakukan perekaman layar, baik tiu untuk membuat video tutorial, merekam game, presentasi, dan mereka hal lainnya.

Sekarang ini, sudah banyak apk screen recorder laptop yang bisa kamu gunakan, masing-masing dari apk sudah dilengkapi dengan kemampuannya masing-masing, misalnya kemampuan merekam audio dan video secara bersamaan.

Platform ini sendiri bisa kamu gunakan untuk merekam layar secara keseluruhan atau sebagian layar dan mengaturnya dengan mudah dan cepat.

Terdapat banyak pilihan aplikasi screen recorder yang bisa kamu gunakan, kamu hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Nah, jika kamu masih bingung, kamu bisa coba memilih salah satu aplikasi screen recorder laptop terbaik di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Screen Recorder Laptop Terbaik

OBS Studio

OBS Studio
OBS Studio. (IST)

Pada jajaran pertama kamu bisa menggunakan OBS Studio. Software yang satu ini menawarkan perekaman dan streaming gratis atau tanpa adanya batasan apapun.

Menariknya, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan tombol pintas yang bisa melakukan penyesuaian untuk membantu kamu mengontrol perekaman.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa menghasilkan video dengan suara jernih dan lancar, dimana keunggulan tersebut bisa kamu manfaatkan saat sedang merekam streaming tanpa takut buram atau suara tidak jelas.

TinyTake

TinyTake - Apk Screen Recorder
TinyTake – Apk Screen Recorder. (IST)

Selanjutnya, ada aplikasi screen recorder laptop TinyTake. Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan secara gratis dan memiliki ukuran yang cukup ringan, sehingga tidak akan membebani kinerja pada laptop yang kamu gunakan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, mulai dari merekam layar, membuat anotasi, dan membagikannya langsung ke media sosial.

TinyTake sendiri memiliki antarmuka yang sederhana dengan fitur yang cukup lengkap. Bahkan, kamu bisa menambahkan grafik dari drive lokal untuk membuat anotasi file. Menarik bukan?

BACA JUGA:  Aplikasi Screenshot Panjang Untuk HP

Screencast-O-Matic

Screencast-O-Matic merupakan platform perekam layar laptop online yang sudah mendukung webcam dan merekam layar.

Aplikasi ini memiliki opsi merekam dalam ukuran 800×600, 640×480 dan standar lainnya. Hanya saja, aplikasi ini tidak memungkinkan kamu untuk merekam dalam kualitas tinggi.

TinyTake sangat cocok kamu gunakan untuk merekam dan mengunggah rekaman layar dengan cepat, dimana fitur Screencast-O-Matic juga akan membantu kamu untuk memperbesar, menggambar dan menambahkan overlay pada file video.

Free Cam

Free Cam - Apk Screen Recorder
Free Cam – Apk Screen Recorder. (IST)

Kemudian ada Free Cam, aplikasi screen recorder laptop yang satu ini sangat sederhana dan simple, sehingga mudah digunakan oleh siapapun termasuk pemula.

Meskipun simple, tapi Free Cam tetap memiliki antarmuka yang menarik dan intuitif, jadi kamu bisa melakukan perekaman sesuai keinginan dengan mudah.

Tak hanya itu, mereka juga menawarkan hasil rekaman video tangkapan layar tanpa watermark dan bebas iklan, padahal aplikasi ini bersifat gratis.

Screenpresso

Screenpresso
Screenpresso. (IST)

Berikutnya ada Screenpresso. Aplikasi yang satu ini juga tak kalah menarik untuk kamu coba untuk melakukan perekaman layar di laptop yang kamu gunakan.

Screenpresso memiliki dua jenis penggunaan software, yaitu dalam mode gratis dan mode premium. Jika kamu menggunakan mode premium, maka kamu bisa menikmati semua fitur unggulan pada aplikasi ini.

Tapi fitur tersebut tidak bisa kamu nikamti secara uma-cuma, dimaan kmau harus mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakannya.

Tapi jika kamu menggunakannya untuk sedikit kebutuhan, kamu bisa menggunakan mode gratis saja agar tidak harus mengeluarkan biaya. Tenang saja, meskipun gratis kamu tidak akan menemukan tanda watermark di hasil perekaman layar tersebut.

VideoProc

VideoProc
VideoProc. (IST)

Pada rekomendasi keenam, kamu bisa menggunakan VideoProc. Aplikasi yang satu ini akan memudahkan kamu untuk merekam layar baik itu di laptop dengan sistem operasi Windows atau mac tanpa batasan durasi video.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa merekam layar untuk memenuhi beberapa kebutuhan, seperti meeting online, webinar, live streaming, video youTube, Skype, dan masih banyak lagi.

Kualitas perekaman video aplikasi ini juga sangat stabil. Namun, VideoProc memiliki fitur yang terbatas, sehingga kamu harus lebih kreatif dalam mengedit video.

HitPaw Screen Recorder

HitPaw Screen Recorder
HitPaw Screen Recorder. (IST)

Terakhir ada HitPaw Screen Recorder. HitPaw Screen Recorder merupakan aplikasi perekaman layar laptop terbaik dan memiliki antarmuka yang ramah, sehingga mudah digunakan oleh siapapun.

HitPaw Screen Recorder juga menawarkan berbagai fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari presentasi, webinar, live meeting dan lainnya.

Ada juga beberapa fitur unggulan seperti fitur zoom recording, dimana dengan fitur tersebut kamu bisa memilih cara perekaman, baik itu keseluruhan atau bagian screen tertentu saja.

BACA JUGA: Ini Cara Rekam Video 4K

Nah, itulah beberapa aplikasi screen recorder laptop terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis tanpa watermark dan iklan sekalipun.

 

 

Share.

Leave A Reply