Cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul di berbagai jenis smartphone Android bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah yang cukup umum.

Saat ini, sinyal 4G sudah bisa dijangkau di hampir seluruh wilayah Indonesia paling pelosok sekalipun.

Meskipun beberapa masyarakat susah bisa menikmati jaringan 5G, tapi keberadaan sinyal 4G belum tergantikan, karena jaringan ini memiliki konektivitas dan kemampuan berselancar di internet yang sangat cepat.

Terlebih kebutuhan internet sekarang ini sangat penting untuk menunjang berbagai aktivitas, maka kehilangan sinyal 4G merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu dan menghambat berbagai pekerjaan yang membutuhkan konektivitas internet.

Hilangnya sinyal 4G biasanya disesbabkan oleh beberapa faktor, adapun beberapa faktor utama yang sering terjadi diantaranya  cuaca yang buruk, tempat atau lokasi kamu saat itu tidak terjangkau jaringan 4G dan bisa juga terjadi karena banyaknya orang yang menggunakan suatu provider di tempat yang sama.

Jika hal tersebut terjadi, dan kamu bingung untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk mengatasi sinyal 4G yang tidak muncul bahkan hilang.

Penasaran dengan caranya? Yuk, simak artikel di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Google Drive Limit

Cara Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinyal 4G yang hilang, berikut beberapa diantaranya:

Matikan dan Hidupkan Kembali Mode Pesawat

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sinyal hilang yaitu mematikan dan menghidupkan kembali mode pesawat di smartphone tersebut.

Hal ini dilakukan untuk memperbarui sistem jaringan agar lebih stabil, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Panel Notifikasi Bar

Pertama buka panel notifikasi bar yang ada, kamu bisa usap layar dari atas sampai bawah untuk memunculkannya, namun pada beberapa smartphone opsi ini dilakukan secara terbalik dari bawah ke atas.

  • Cari Menu dengan Tombol Pesawat

Selanjutnya, cari menu dengan tombol pesawat atau Mode Pesawat di deretan menu yang tersedia. Jika kamu sudah menemukannya, tekan tombol tersebut untuk mengaktifkannya, tunggu sampai 30 detik.

Jika sudah, nonaktfikan kembali mode pesawat dan sinyal akan muncul kembali dengan sistem pembaharuan jaringan yang baru.

Atur Jaringan di Smartphone Android

Cara mengatasi sinyal 4G yang hilang selanjutnya, kamu bisa muncul selanjutnya yaitu mengatur jaringan di smartphone tersebut.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan di smartphone yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya cari menu jaringan dan internet.
  • Lalu pilih provider atau kartu yang kamu gunakan untuk internetan.
  • Lalu cek mode jaringan yang dipakai kartu tersebut. Pastikan kamu sudah menggunakan jaringan 4G, biasnaya jaringan tersebut tertulis dengan jaringan 2G/3G/4G’ di pilihan paling atas.

Restart HP

Terakhir, jika kedua cara diatas belum bisa mengatasi jaringan yang hilang pada smartphone yang kamu gunakan, kamu bisa mencoba melakukan restart pada HP tersebut.

Meskipun cara ini tergolong simpel, tapi banyak pengguna yang mengatakan bahwa cara ini cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone, termasuk bug dan iklan.

Cara melakukan restart pada smartphone Android juga cukup mudah, kamu bisa menekan tombol power dalam beberapa detik lalu pilih opsi “Muat Ulang”.

Tunggu sampai proses restart selesai. Proses ini biasanya akan memakan waktu 3-5 menit.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Demikianlah cara mengatasi sinyal 4G yang tidak muncul. Cukup mudah bukan?

Share.

Leave A Reply