Cara Mengatasi aplikasi keluar sendiri memang jadi salah satu pertanyaan yang sering diperbincangkan, karena hal tersebut cukup mengganggu.

Menggunakan aplikasi pada sebuah smartphone memang jadi salah satu hal yang wajib dan tak terpisahkan karena tanpa aplikasi smartphone tidak bisa dioperasikan dengan baik.

Meskipun aplikasi bisa mempermudah semua aktivitas pemilik HP, tapi tak jarang penggunaan dari aplikasi tersebut sering mengalami beberapa masalah.

Salah satu masalah yang cukup sulit diatasi yaitu aplikasi yang sedang digunakan dan tiba-tiba keluar dengan sendirinya atau force close.

Berhentinya aplikasi pada sebuah smartphone biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya penyimpanan memori internal yang penuh, file cookie dan cache menumpuk, dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang tiba-tiba berhenti ini pastinya sangat mengganggu, apalagi jika kamu sedang membuka aplikasi penting dan sedang sibuk-sibuknya tapi tiba-tiba aplikasi tersebut keluar, pastinya sangat menjengkelkan bukan jika harus mengulang dari awal?

Nah, untuk menghindari dan mengatasi agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi, berikut kamu akan mengulas cara mengatasi aplikasi yang tiba-tiba berhenti.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Uang dari Game

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

1. Restart HP

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri yaitu dengan melakukan restart atau muat ulang pada smartphone yang kamu gunakan.

Cara ini cukup ampuh dilakukan, selain bisa mengatasi masalah cara ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan restart pada umumnya dan HP akan hidup kembali.

Mengapa harus melakukan restart? Agar semua bug atau error aplikasi bisa diatasi dengan baik, jika proses restart sudah selesai, kamu bisa coba untuk membuka kembali aplikasi yang sebelumnya keluar sendiri.

2. Hapus cache aplikasi

Seperti pada ulasan sebelumnya, penyebab aplikasi yang menutup tiba-tiba bisa karena cache aplikasi yang menumpuk atau terlalu penuh.

Maka dari itu hapus cache aplikasi Anda dengan cara berikut ini. Masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Cari aplikasi yang mengalami force close > Pilih “Hapus data” > Bersihkan cache.

3. Menghapus beberapa aplikasi di ponsel Anda

Penyebab aplikasi keluar sendiri di HP Android bisa jadi karena penyimpanan internal ponsel penuh dan mempengaruhi kinerja aplikasi lainnya.

Untuk mengatasi hal ini tentu Anda harus melakukan filter dan memilih beberapa aplikasi lain yang Anda uninstal untuk melegakan ruang penyimpanan. Untuk uninstal aplikasi caranya, masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Cari aplikasi yang ingin dihapus> Pilih “Uninstal”.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Aplikasi Bawaan di HP OPPO

Demikianlah cara mengatasi aplikasi keluar sendiri agar tidak mengganggu aktivitas kamu dalam menggunakan smartphone Android atau iOS.

Share.

Leave A Reply