Sosial Media, RANCAH POST – Mengadakan lomba tarik tambang saat peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia mungkin sudah biasa. Namun bagaimana dengan lomba tarik lokomotif?

Tentu cukup anti mainstream, mengingat lokomotif memiliki bobot hingga puluhan ton. Ya, lomba tarik lokomotif itu diketahui digelar oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah.

Lomba itu diikuti oleh para pegawai PT KAI dan dilaksanakan di Dipo Lokomotif Purwokerto pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Dalam video yang viral di media sosial, terlihat para pegawai yang dibagi menjadi beberapa kelompok sedang mengikuti lomba tarik lokomotif.

Masing-masing tim beranggota 10 orang, dan harus kompak menjadi yang tercepat menarik lokomotif seberat 84 ton dengan jarak sekitar 10 meter.

Tim yang paling cepat sampai di garis finish akan menjadi pemenangnya. Tampak masing-masing tim berusaha sekuat tenaga untuk menarik lokomotif itu menggunakan tambang.

Suasana lomba pun berlangsung sangat meriah, para pegawai lain tampak memberikan semangat kepada rekannya yang sedang mengikuti lomba.

Saking beratnya lokomotif, para peserta pun cukup kesulitan menggerakan lokomotif itu. Bukan hanya pegawai pria, pegawai wanita juga turut serta dalam lomba tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat menjelaskan, lomba tarik lokomotif itu digelar untuk memeriahkan HUT ke-77 RI sekaligusn juga meningkatkan kerjasama antar pegawai.

Dan sore harinya, KAI Daop 5 menggelar acara berjatuk ‘Angkringan on Stadion’ di Stasiun Purwokerto. Hal itu sebagai bentuk dukungan KAI khususnya Daop 5 Purwokerto kepada para pelaku usaha UMKM.

Sementara itu, video saat lomba tersebut digelar ramai menuai komentar dari warganet. Mereka merasa terhibur setelah melihat perlombaan itu meski dinilai anti mainstream.

MacG154, “Gua kirain tarik tambang sama lokomotif nya. Taunya cepet cepetan. 😂”

ekowj_, “Bukan lomba tarik tambang njir, lomba tarik gerbong kereta, bangke 🤣”

@cloverrr88, “Nunggu angkasa pura ngadain lomba makan kerupuk di tengah2 runway🫠”

nannasnannas, “Tiap hari lewat KAI segede gaban tuh ternyata didalemnya mereka sibuk 17an narik kereta begini 😭”

BACA JUGA: Seorang Ibu Muda di Tasik Meninggal Dunia Saat Ikut Lomba Balap Karung

wiroveong, “Kegiatan turun temurun di tgl 17 agustus, selain upacara. ( tahun depan ada joget joget lg g ya ?” )

Share.

Leave A Reply