Munculnya internet positif saat membuka suatu situs memang kerap kali membuat jengkel, untuk itu kamu harus tahu cara mematikan internet positif tersebut.

Seperti kita ketahui, internet positif merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk proses atau aktivitas pemblokiran terhadap website-website yang dianggap tak layak oleh pemerintahan di Indonesia.

Program internet ini pertama kali diluncurkan dengan nama Trust+Positif pada tanggal 17 Juli 2014. Program ini dibuat untuk memberikan layanan internet yang aman dengan memberikan akses internet berdasarkan daftar yang sehat dan terpercaya.

Internet positif ini sendiri akan bekerja untuk menyaring seluruh konten yang ada di internet supaya beberapa situs akan dibatasi dan disaring agar bisa dengan aman diterima masyarakat, terutama pengguna layanan browser.

Meskipun demikian, situs yang diblokir internet positif ini masih bisa diakses lho, asalkan kamu mengetahui tutorialnya. Untuk mengetahui informasi secara lengkapnya, kamu bisa simak artikel di bawah ini.

Manfaat Internet Positif

Meskipun beberapa orang merasa risih dengan internet positif ini, tapi program ini memiliki dampak positif. Beriku beberapa yang bisa kamu ketahui:

  1. Internet positif akan membatasi apa saja yang bisa diakses oleh pengguna internet.
  2. Program ini juga akan memfilter dan menyaring situs yang akan ditampilkan. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari berbagai malware berbahaya.
  3. Internet positif juga akan menyaring informasi yang tidak jelas kebenarannya, alias hoax.

Tapi jika kamu merasa risih karena situs yang kamu butuhkan diblokir oleh program ini, kamu bisa mematikannya. Ini dia cara lengkapnya.

Cara Mematikan Internet Positif

Menggunakan Extension di Google Chrome

Pertama kamu bisa menggunakan extension di Google Chrome. Layanan adblocker ini bisa membantu kamu untuk menjebolkan situs dari internet positif.

Nama alat ini yaitu betternet VPN. Mungkin sebagian besar penggunanya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi tersebut, karena aplikasi ini bisa didownload secara bebas oleh siapapun.

Betternet VPN
Betternet VPN. (IST)

Cara penggunaanya pun tergolong mudah, dimana kamu hanya tinggal menuju situs yang diblokir, dan klik simbol tameng untuk mengaktifkannya agar bisa membuka situs tersebut.

Cara Mematikan Internet Positif dengan DuckDuckGo

duckduckgo.com
duckduckgo.com. (IST)

Cara mematikan internet positif selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu DuckDuckGo. Cara menggunakan layanan ini cukup mudah karena mereka akan mengganti mesin pencarian yang kamu gunakan tanpa menghilangkan data didalamnya.

Dengan menggunakan mesin pencarian ini, kamu bisa membuka situs terblokir yang terkena internet positif dengan cepat.

Untuk membukanya kamu bisa mengunjungi situs “duckduckgo.com” di aplikasi browser yang kamu miliki.

Menggunakan Google Translate

Apakah kamu tahu Google Translate juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan internet positif? Jawabannya tentu saja bisa.

Layanan terjemahan milik Google ini juga berfungsi untuk menghilangkan blokiran yang dibuat internet positif.

Berikut cara menggunakannya:

  • Buka Google Translate menggunakan aplikasi browser yang kamu miliki.
  • Selanjutnya, masukan URL situs yang ingin kamu buka di kolom terjemahan.
  • Lalu pada kolom hasil terjemahan, URL tersebut akan aktif dan bisa diklik.
  • Jika URL sudah bisa diklik, kamu bisa langsung membuka situs tersebut tanpa terhalang internet positif.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Password Excel

Demikianlah cara mematikan internet positif yang bisa kamu coba. Cukup mudah bukan?

 

Share.

Leave A Reply