Berita Selebriti, RANCAH POST – Setelah ramai dikritik oleh banyak pihak, artis Baim Wong memutuskan untuk membatalkan pendaftaran Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk mendapat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Melalui kanal YouTube Baim Paula, suami Paula Verhoeven itu menjelaskan terkait HAKI Citayam Fashion Week yang belakangan jadi sorotan publik.

Dalam cuplikan video yang diunggah pada Selasa, 26 Juli 2022, Baim menjelaskan bahwa ide awalnya sebenarnya bukan HAKI Citayam Fashion Week.

Tapi awalnya ide yang muncul adalah membuat kompetisi untuk Citayam Fashion Week.

“Ketika adanya ide ini pas Paula di sana, idenya sebenarnya bukan HAKI, idenya itu kita adain itu suatu kompetisi supaya fashion week ini ada dan nggak cuma gini aja,” kata ayah dua anak itu.

Baim pun langsung mencari apakah ada pemegang HAKI dari Citayam Fashion Week. Hal itu dilakukan untuk meminta izin dirinya menggunakan tersebut untuk pagelaran yang direncanakannya.

“Kalau saya tipikal yang mau ambil gitu saja hak orang, itu nggak. Saya tanya dulu sama Bonge, baru habis itu saya tanya ke HAKI. Sebelum saya membuat kompetisi dan pagelaran besar karena kalau HAKI itu ada saya mau minta izin. Sesimple itu, boleh nggak,” ucapnya.

“HAKI itu belum ada yang punya, kita bikin saja HAKI-nya sesimple itu. Bukan kita ambisius mengambil Citayam Fashion Week, awalnya sebenarnya dari situ,” sambungnya.

Aktor sekaligus YouTuber itu pun juga sudah membicarakan hal ini secara langsung kepada empat ABG yang menjadi ikon Citayam Fashion Week, yakni Bonge, Roy, Kurma, dan Jeje, namun Jeje tidak hadir karena sakit. Menurutnya, ia membuat acara tersebut untuk mereka.

“Cuma saya bilang sama mereka, ketika kalian masuk ke sini juga sebenarnya Citayam Fashion Week itu juga membantu kalian. Jadi takutnya ada kesenjangan dengan orang di situnya. Gimana kalau dari sini ada hasil karena kan ini pakai uang saya dulu, saya bilang kita buat bangun Citayam, boleh tanyakan juga sama mereka,” kata Baim Wong.

Baim mengaku sedih ketika dituding mengambil keuntungan dari hal ini. Ia menegaskan awalnya ingin mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai merek untuk membuat kompetisi besar, bukan mencari keuntungan.

“Saya agak kenanya ketika berita ini ada, walau mereka belum bertanya ke saya dengan opini masing-masing. Saya lumayan agak sedih juga dalam hati padahal kita niatnya nggak ke situ, ambil hak orang. Malah kita mau memberikan semua hasil ini ke Citayam, tapi akhirnya malah jadi seperti ini, saya pun jadi ngerasa ternyata jadi begini ya. Untungnya saya itu sudah bilang ke mereka berempat (Jeje, Kurma, Roy dan Bonge),” lanjutnya.

BACA JUGA: Aksi Baim Wong Daftarkan Merek Citayam Fashion Week Dikritik Ernest Prakasa: Serakah Banget

Kendati batal mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week, perusahannya, PT Tiger Wong Entertainment tetap siap membantu apa pun itu.

Share.

Leave A Reply