Berita Selebriti, RANCAH POST – Baim Wong tengah menjadi sorotan setelah mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) atas nama perusahaan miliknya, PT Tiger Wong Entertainment.

Pendaftaran itu melalui nomor JID2022052181 dan diajukan pada 20 Juli 2022. Banyak yang tidak setuju hingga memberikan komentar pedas terhadap hal itu. Salah satunya dari komika Ernest Prakasa.

Melalui akun Twitter pribadinya, bintang film “Cek Toko Sebelah” itu menyindir Baim Wong dengan menyebutnya sebagai orang yang serakah.

“Daftarin OPEN MIC ke HAKI. Daftarin ROASTING ke HAKI. Daftarin CITAYAM FASHION WEEK ke HAKI. Serakah banget jadi manusia,” cuit akun Twitter @ernestprakasa.

HAKI yang dimaksud oleh Ernest adalah Hak Atas Kekayaan Intelektual. Ia menyebut Baim Wong tidak berhak atas sesuatu yang tidak mereka ciptakan sendiri.

Ernest bahkan menyebut hal itu sebagai tindakan yang tak tahu malu. Pasalnya, Citayam Fashion Week tercetus dari sebuah komunitas.

“HAKI itu H-nya adalah Hak. Kok bisa-bisanya merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Gak tau malu,” cuit komika 40 tahun itu lagi.

“HAKI itu dibuat untuk melindungi kreator, agar pekerja kreatif bisa sejahtera dari ide & karya mereka sendiri. Bukannya dulu-duluan maen sikat mumpung belom ada yang daftarin. Tolong lah dipake akal sehat & hati nuraninya,” sambungnya.

Terkait banyaknya komentar pedas setelah mematenkan Citayam Fashion Week ke PDKI, Baim Wong pun memberikan klarifikasi melalui akun Instagram pribadinya.

“Citayam Fashion Week bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang yang mempunyai wadah yang legal dan nggak musiman. Paling penting bisa memajukan Fashion Indonesia di mata dunia,” ujar Baim Wong dikutip di Instagram pribadinya, Senin (25/7/2022).

Suami Paula Verhoeven itu memaparkan pertama kalinya tergerak hatinya mematenkan Citayam Fashion Week lewat perusahannya, PT Tiger Wong Entertainment dan Indigo Aditya Nugroho.

“Kenapa saya tergerak? Berawal dari semua ini karena istri saya mengerti dunia fashion, melihat Citayam Fashion Week ini adalah gerakan orang-orang sudah mempedulikan Fashion. Ternyata di Indonesia, nggak harus mahal dan mereka bangga memakainya. Kebanggan Itu adalah achivement harus dibudidayakan,” jelasnya

“Orang-orang dengan mimpi yang besar yang harus membantu mereka. Bukan karena kepentingan bisa dapet berapa? Tapi visinya itu mau dibawa sejauh apa? Dan sejauh apa kita percaya dengan tujuan itu? Dan tujuan itu untuk kesejahteraan siapa? Dan apakah ada manfaatnya untuk orang banyak? Terlalu banyak resiko ketika kita mempunyai cita-cita atau tujuan yang besar. Karena membuat sesuatu menjadi besar pasti memerlukan biaya,” sambungnya.

Baim Wong pun menjawab tudingan orang-orang soal dirinya menyerobot ide Citayam Fashion Week dan Bonge, Kurma, Jeje, Roy, dkk.

Ia mengklaim pendaftaran Citayam Fashion Week dilakukan atas izin Bonge, dkk. Baim menegaskan bahwa Bonge dkk akan tetap dilibatkan dalam setiap kegiatan Citayam Fashion Week.

Meski sudah menjelaskan soal pendaftaran Citayam Fashion Week, hal itu tetap masih menuai kontra. Salah satunya adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

BACA JUGA: Jeje Slebew Ngamuk di Tengah Kerumunan Citayam Fashion Week Gegara ini, Minggir!

Melalui akun Instagram-nya, suami Atalia Praratya itu meminta Baim Wong agar membatalkan upaya mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai hak kekayaan intelektual di Kemenkumham.

Share.

Leave A Reply