RANCAH POST – Nothing Phone (1) secara resmi telah dirilis pada pertengahan Juli 2022. Kehadirannya disambut dengan sangat antusias karena ponsel pertama ciptaan perusahaan yang didirikan oleh mantan bos OnePlus itu mengusung bahasa desain yang unik.

Ya, bagian belakang ponsel ini dibuat menggunakan bahan kaca transparan sehingga memperlihatkan beberapa strip LED (Glyph Interface) yang dapat menyala saat ada telepon masuk, notifikasi aplikasi, pengisian daya dan lain sebagainya.

Sayangnya, belum genap sebulan pasca peluncurannya beredar kabar kurang sedap yang menerpa Nothing, dimana ada salah satu pengguna mengaku layar Nothing Phone (1) yang baru dibelinya mengalami masalah ‘Green Tint’ dan ‘Dead Pixel’.

Dikutip dari MySmartprice, pengguna yang tidak disebutkan namanya itu menceritakan keluhannya di Twitter. Dalam unggahannya diperlihatkan grint tint yang terdapat pada layar Nothing Phone (1) milik pengguna tersebut terdapat pada bagian punch hole.

Lalu kemudian dia mencoba untuk menukarkannya melalui e-commerce tempat membelinya, Flipkart. Tapi sialnya ia kembali mendapatkan ponsel dengan masalah yang serupa, yaitu grint tint.

Selain grint tint, masih ada beberapa pengguna lain yang menyampaikan keluhan ‘dead pixel’ pada sekitaran punch hole melalui platform Twitter dan Reddit.

Di satu sisi, Nothing Phone (1) bukanlah smartphone pertama yang mengalami masalah grint tint dan dead pixel. Sebab, beberapa smartphone dengan panel berjenis layar AMOLED seperti Google Pixel juga dilaporkan sempat mengalami masalah serupa.

Hingga sejauh ini pihak Nothing belum memberikan konfirmasi apapun mengenai masalah grint tint dan dead pixel tersebut. Terlepas dari permasalahan itu, Nothing Phone (1) tetap merupakan salah satu smartphone terbaik yang recommended untuk dilirik.

Ponsel ini mengadopsi layar OLED berbentang 6.55 inci yang mendukung resolusi Full HD+ (1.080 x 2.400 piksel), refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz dan dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

Untuk menunjang kegiatan fotografi, perangkat ini membawa pengaturan kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama Sony IMX766 dengan resolusi 50 MP dan kamera ultrawide 50 MP. Sedangkan untul selfie disediakan kamera selfie 16 MP.

Soal kinerja, Nothing mempersenjatai ponsel pertama buatannya ini dengan SoC Snapdragon 778G+ yang didukung RAM hingga 12 GB dan menawarkan ruang penyimpanan internal mencapai 256 GB.

Mengenai daya tahan, Nothing Phone (1) dijejali baterai 4.500 mAh yang sudah memiliki fitur pengisian cepat 33 watt. Nah, fitur ini memungkinkan baterai dapat terisi penuh hanya dalam 70 menit.

BACA JUGA: Kembali Bermasalah, Kini Apple iPhone 8 Plus Meledak Saat Di-Charge

Nothing Phone (1) dijual di India dengan harga 31.999 rupee (sekitar Rp 6 jutaan) untuk opsi 8/128 GB dan 3.799 rupee (sekitar Rp 7.1 jutaan) untuk versi 12/256 GB.

Share.

Leave A Reply