Cara cek halal MUI kini bisa dilakukan dengan mudah melalui situs web dan aplikasi halal MUI yang sudah terverifikasi secara resmi di Play Store.

Untuk beberapa orang, label halal cukup penting karena beberapa alasan, maka tak heran jika sebelum menggunakan atau mengkonsumsi apapun mereka selalu memperhatikannya terlebih dahulu.

Sertifikat Halal MUI sendiri merupakan sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia, dimana sertifikat tersebut berisikan informasi dan status halal atau suatu produk untuk dikonsumsi.

Secara garis besar, produk halal biasanya diperuntukan untuk umat islam, dimana ajaran tersebut mengajarkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi secara agama.

Apalagi di Indonesia, sebagian besar penduduknya memeluk agama islam, maka label halal pada produk apapun cukup penting diterapkan untuk menghindari pelanggaran.

Penentuan produk haram dan haal ini sendiri dibuat oleh MUI, mereka yang bertanggung jawab atas sertifikasi halal suatu produk.

Nah, jika kamu ingin memeriksa produk baru yang akan kamu konsumsi atau gunakan, kini kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu secara online melalui aplikasi dan situs web resmi MUI.

Simak pembahasan dibawah ini untuk mengetahui caranya.

BACA JUGA: Cara Cek Keaslian Produk Kosmetik di BPOM

Cara Cek Halal MUI Secara Online

Cara Cek Halal MUI melalui Situs Resmi Halal MUI

Pertama kamu bisa mengecek halal produk melalui situs resminya, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs halal resmi halal MUI melalui aplikasi browser, atau klik disini untuk membukanya.
  • Selanjutnya pilih opsi pencarian untuk mencari produk yang akan kamu cek, situs ini akan mencari berdasarkan Nama Produk, Nama Produsen atau Nomor Sertifikat.
  • Masukkan salah satu data diatas yang akan kamu cek dan klik Cari.

    Cek Produk Halal
    Cek Produk Halal. (IST)
  • Tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul hasil penelusuran produk yang kamu cari. Jika produk tersebut terdaftar maka akan muncul informasi detailnya.

    Hasil Pencarian
    Hasil Pencarian. (IST)
  • Tapi jika produk tersebut belum terdaftar maka tidak akan muncul keterangan apapun.
  • Selesai.

Cara Mengecek Halal MUI melalui Aplikasi

Untuk mengecek halal MUI, kamu bisa menggunakan aplikasi resmi yang dibuat oleh Majelis Ulama Indonesia di Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download dan pasang aplikasi Halal MUI di perangkat yang kamu gunakan.
  • Jika sudah buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi tersebut, kamu bisa langsung klik menu “Cari Produk Halal”.
  • Kamu bisa mencari produk berdasarkan nama produk atau nama produsennya.
  • Nantinya sistem akan melakukan penelusuran produk dan jiak nama produk yang kamu cari terdaftar, maka akan muncul di hasil pencarian status produk.

Cara Cek Halal melalui WhatsApp

Terakhir, kamu bisa mengecek kehalalan produk melalui WhatsApp resmi milik MUI di nomor 081196301696.

Hanya saja, layanan ini tidak akan membalas secara real-time, di mana kamu harus menunggu terlebih dahulu untuk mendapatkan balasan dari customer care Majelis Ulama Indonesia.

BACA JUGA: Cara Download Video di Shopee

Nah, itulah cara cek halal MUI online yang bisa kamu lakukan untuk mengecek status dari suatu produk yang akan kamu konsumsi.

Share.

Leave A Reply