Sinyal 4G yang kamu miliki kurang kencang atau lemot? Tenang saja, kini sudah ada cara mengatasi jaringan 4G yang lemot agar jaringan tidak tiba-tiba berhenti.

Jaringan 4G merupakan sebuah standar yang telah ditentukan untuk koneksi jaringan seluler, dimana istilah ini diberikan untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Terlebih kini beberapa smartphone mengharuskan penggunanya menggunakan jaringan 4G agar pengoperaisan jaringan pad aHP lebih nyaman.

Meskipun demikian, tak bisa menjamin jaringan selalu bagus, beberapa kendala sering terjadi seperti jaringan lemot, loading, hingga hilang, dan semua kendala tidak hanya terjadi dari sisi operator saja.

Secara umum, ada tiga faktor yang bisa mempengaruhi kualitas experience menggunakan layanan data 4G, diantaranya operator, third-party dan dari pengguna.

Nah, untuk mengatasi masalah jaringan 4G yang loading ini, berikut kami akan membahas satu persatu detail caranya yang bisa dilakukan secara mandiri. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi TikTok Error

Penyebab Jaringan 4G Lemot

Seblum kamu mengetahui cara mengatasi jaringan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya, berikut ada beberapa penyebab jaringan yang sering terjadi:

  1. Sistem Smartphone Bermasalah.
  2. Jaringan Provider Tidak Menjangkau Wilayah yang Kamu Kunjungi.
  3. Terlalu Banyak Pengguna di Suatu Wilayah.

Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Lemot

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan 4G yang lemot, berikut diantaranya:

Perhatikan Lokasi

Pertama kamu harus memperhatikan lokasi yang kamu singgahi memungkinkan untuk menangkap sinyal dan tidak terhalang oleh bangunan yang bertembok tebal.

Selain itu, kamu juga harus menghindari basmenta agar sinyal 4G bisa beroperasi dengan baik karena basement biasanya terletak di bawah bangunan dan sulit menjangkau jaringan sekalipun itu WiFi.

Refresh Sinyal agar Kembali Stabil

Mode Pesawat
Mode Pesawat. (IST)

Jika jaringan 4G yang kamu miliki terasa lemot, kamu bisa mencoba untuk merefresh sinyal, caranya cukup mudah kamu bisa mengaktifkan mode airplane atau mode pesawat untuk merefreshnya.

Kau bisa mengaktifkan mode pesawat kurang lebih 2 menit dan matikan kembali untuk merefresh sinyal.

Selain itu, kamu bisa melakukan restart pada smartphone untuk mengatasi lag atau hang pada sinyal 4G yang ada pada HP.

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selanjutnya, kamu bisa menutup semua jendela aplikasi aktif yang sudah kamu buka sebelumnya untuk mengurangi penggunaan jaringan.

Karena aplikasi yang masih berjalan di latar belakang tetap menggunakan jaringan agar tetap beroperasi. Tak hanya sinyal, baterai pun bisa cepat habis jika kamu tidak menutupnya.

Pastikan Kualitas Smartphone Memadai

Penggunaan kartu 4G juga hanya bisa digunakan masih memadai untuk menggunakan jaringan 4G maksimal lima tahun dari tahun produksi.

Jadi jika 4G lemot pada HP lama, itu bisa saja disebabkan oleh sistem servernya yang belum memadai, pengguna harus ganti ke smartphone dengan kelurahan dan produksinya lebih baru.

Periksa APN

Cara mengatasi jaringan 4G yang lemot berikutnya, kamu bisa dengan mengecek APN atau Acces Point Names.

Pastikan kamu menggunakan APN tanpa username dan password untuk kartu seluler yang akan diaktifkan, karena akan mempengaruhi kualitas sinyal pada smartphone.

APN sendiri memiliki jenis yang berbeda tergantung sistem operasinya, untuk Android sendiri pengaturannya ada pada menu Cellular Data Network.

Cara ini sendiri bisa diterapkan pada jaringan 4G LTE di semua jenis provider yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 3X4

Itulah cara mengatasi jaringan 4G yang lemot ataupun hilang di semua jenis smartphone yang bisa kamu coba, jika semua cara diatas tidak bisa mengatasi kendala yang kamu alami, kamu bisa membawanya ke layanan operator terkait.

Share.

Leave A Reply