Akhir-akhir ini banyak pengguna TikTok yang mengeluhkan aplikasinya sering error dan mereka kesulitan mencari cara mengatasi TikTok error tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, TikTok merupakan salah satu platform video musik terbaik yang menawarkan banyak fitur menarik dan selalu mengupdate fitur baru.

Hal tersebut dilakukan agar TikTok bisa menggaet lebih banyak pengguna, apalagi kini aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk menjual dan belanja secara online layaknya e-commerce.

Meskipun demikian, TikTok tetap sebuah layanan berbasis online yang tidak kebal dari error atau masalah lainnya, seperti freezing, atau fitur yang tidak berfungsi dengan baik.

Biasanya hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, baik itu faktor internal atau eksternal berupa crashing yang membuat aplikasi tersebut tertutup dengan sendirinya.

Apabila aplikasi TikTok kamu juga mengalami hal serupa, jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut diantaranya.

BACA JUGA: Cara Melihat History Video TikTok

Cara Mengatasi TikTok Error Tanpa Menghapus Aplikasi

Cek Koneksi Internet

Cek Koneksi Internet
Cek Koneksi Internet. (IST)

Untuk membuka TikTok kamu harus memiliki koneksi jaringan internet yang stabil dan kuota internet. Karena TikTok akan menampilkan tayangan berupa video musik dimana kuota dan sinyal yang dibutuhkan juga relatif besar.

Jika memang koneksi internet yang kamu miliki bermasalah, kamu bisa mengubah sambungan internetnya terlebih dahulu. Misalnya dari mobile data atau Operator seluler ke WiFi atau sebaliknya.

Kamu juga harus memperhatikan kualitas WiFi yang kamu miliki, karena ada beberapa halaman yang tidak bisa diakses melalui layanan tersebut.

Restart Aplikasi dan HP – Cara Mengatasi TikTok Error

Selanjutnya kamu bisa mencoba merestart aplikasi dan HP tersebut untuk memaksimalkan sistem kerjanya. Karena biasanya TikTok error disebabkan oleh sistem  kerja HP yang sudah berat atau sampah cache penuh.

Untuk itu, kamu harus rajin membersihkan HP agar sistem HP tidak error yang menyebabkan kinerja HP melorot.

Lakukan Pengecekan Pada Update Aplikasi

TikTok
TikTok. (IST)

Cara mengatasi TikTok error selanjutnya, kamu bisa mencoba mengecek update aplikasi tersebut.

Error juga bisa terjadi karena aplikasi yang kamu gunakan sudah lama tidak di update dan beberapa fitur sudah kadaluarsa.

Aplikasi versi terbaru memungkinkan penggunanya mengakses layanan lebih lancar, karena tak jarang pengembang memberikan pembaruan keamanan untuk memperbaiki bug yang bisa jadi penyebab TikTok error.

Membersihkan Sampah Cache

Seperti bahasan sebelumnya, sampah cache juga sangat mempengaruhi kinerja sistem pada HP.

Kamu harus secara rutin menghapus data cache TikTok, apalagi jika kamu sering menggunakan aplikasi tersebut.

Data cache sendiri merupakan sebuah data sementara yang biasanya didapatkan dari apk yang berjalan di depan dan latar belakang HP tersebut.

Meskipun data ini bersifat tidak permanen, tapi kamu harus tetap membersihkannya agar tidak menumpuk. Selain itu, kamu juga bisa menghapus file sampah yang menumpuk menggunakan aplikasi tambahan.

BACA JUGA: Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

Itu dia beberapa cara mengatasi TikTok error yang bisa kamu lakukan di smartphone Android dan iOS.

 

Share.

Leave A Reply