Cara melihat tarif tol kini bisa kamu lakukan di Google Map dengan mudah untuk mengantisipasi tidak adanya perubahan harga atau terjadi kenaikan harga.

Dengan adanya cara pengecekan online ini, kamu juga bisa lebih mudah untuk menyesuaikan jumlah saldo yang ada di kartu e-toll yang kamu miliki.

Meskipun kini sudah banyak situs online yang menyediakan layanan cek tarif tol, tapi Google Maps sejauh ini masih paling efektif untuk digunakan mengecek tarif tersebut.

Mungkin belum banyak orang tahu, dimana mereka hanya mengetahui Google Maps sebagai platform pemberi informasi mengenai rute ke lokasi yang akan dituju dan mengecek kemacetan saja.

Padahal dengan Google Maps, kini kamu bisa melihat informasi biaya masuk tol di berbagai lokasi gerbang tol dengan mudah.

Hal tersebut tentunya akan memudahkan pengguna jalan tol agar bisa mengetahui estimasi biaya yang harus disiapkan jika melalui tol, karena kini penggunan pembayaran cash hampir sudah tidak tersedia.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengulas cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat tarif jalan tol di Google Maps.

BACA JUGA: Cara Bayar Tol Pakai LinkAja

Cara Melihat Tarif Tol di Google Map

Sebelum melakukan pengecekan, pastikan kamu memiliki aplikasi Google Maps versi terbaru untuk mempermudah prosesnya.

Cara Aktifkan Fitur Tarif Tol di Google Maps

  • Buka aplikasi Google Maps, kamu juga bisa membukanya melalui situs web.
  • Selanjutnya, klik icon profil yang ada di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih menu Setelan.

    Pilih Setelan
    Pilih Setelan. (IST)
  • Setelah itu, pilih opsi Setelan Navigasi.

    Pilih Setelan Navigasi
    Pilih Setelan Navigasi. (IST)
  • Kemudian cari menu Tarif tol dan aktifkan dengan menggeser toddler sampai berwarna biru di opsi “Lihat Tarif Kartu Tol”.

    Lihat Tarif Kartu Tol dan Aktifkan
    Lihat Tarif Kartu Tol dan Aktifkan. (IST)
  • Jika fitur tarif tol sudah diaktifkan, keterangan tarif tol akan muncul setelah pengguna mengatur perjalanan yang akan dilakukannya.

Google Maps juga akan memberikan tarif tol di setiap rekomendasi rute yang dipilih oleh Google Maps.

Cara Melihat Tarif Tol di Google Maps

  • Pertama atur rute perjalanan yang akan kamu lakukan, mulai dari lokasi saat ini dan tujuan.
  • Jangan lupa untuk memastikan rute perjalanan untuk opsi kendaraan roda empat.
  • Jika sudah selesai menentukan rute perjalanan, estimasi tarif tol akan muncul secara otomatis di setiap gerbang tol yang bisa dilalui di Google Maps.

Tak hanya tarif tol, Google Maps juga akan menampilkan estimasi waktu, jarak, serta biaya tol jika jalan yang kita pilih adalah jalan tol.

Selain mengeceknya menggunakan Google Maps, kamu juga bisa mengecek tarif tol melalui  salah satu website milik pemerintah yang dibuat khusus untuk cek tarif tol yaitu  https://bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol.

BACA JUGA: Cara Top Up Tapcash BNI

Demikianlah cara melihat tarif tol di Google Map yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi jumlah saldo yang harus disiapkan.

Perlu diketahui bahwa saat ini, hampir semua pintu tol memberlakukan sistem pembayaran nontunai menggunakan kartu e-toll., hal tersebut dibuat untuk mempermudah proses transaksi dan mengurangi kemacetan.
Share.

Leave A Reply