Berita Ciamis, RANCAH POST – Sebuah bus pariwisata mengalami kecelakaan di Jalan Raya Panjalu-Panumbangan, Dusun Paripurna RT 20, RW 07, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis.

Diketahui bus milik PT Pandawa Transportation itu membawa rombongan peziarah dari Balaraja Tangerang, Banten.

Kecelakaan maut yang terjadi pada Sabtu, 21 Mei 2022, sekitar pukul 18.00 WIB itu menimbulkan korban jiwa. 4 orang dilaporkan meninggal dunia, dan puluhan orang mengalami luka ringan hingga berat.

Dikutip dari Kompas.tv, berdasarkan keterangan warga, ada sepuluh kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan maut bus Pandawa.

Di antaranya adalah mobil boks, mikrobus atau Elf, mobil Suzuki Karimun, dan tujuh motor yang berada di sebuah bengkel pun turut rusak akibat dihantam bus.

Adapun kronologi kecelakaan bus Pandawa di Ciamis yang dikemudikan Ipa Yudin itu diduga bermula dari rem bus yang tidak berfungsi alias blong, ditambah lagi kontur jalan yang menurun.

Bus tersebut datang dari arah Panjalu menuju ke arah Panumbangan. Kemudian bus pertama kali menabrak mikrobus yang berhenti di tepi jalur.

Bus oleng ke kanan menabrak sepeda motor dan mobil boks yang datang dari arah berlawanan. Kemudian, bus kembali menabrak tiga bangunan di kanan jalan.

“Saat jalan menurun, bus menabrak mikro bus yang berada di pinggir kiri jalan. Kemudian menabrak motor dan mobil boks dari arah berlawanan,” kata Kepala Satlantas Polres Ciamis AKP Zainul Arifin.

Laju bus akhirnya berhenti usai menabrak rumah warga. Posisi kepala bus pun masuk ke dalam rumah. Suasana asca kejadian ini ini sempat direkam oleh pengendara dan warga yang berada di lokasi, hingga videonya viral di media sosial.

Akibat kejadian ini, 4 orang meninggal dunia, 48 orang luka ringan dan 7 orang luka berat.

Untuk data empat korban yang meninggal adalah Enok (65) warga Pari Cikadu, Desa Payungsari, Panumbangan, Ciamis, Sri (52) penumpang bus, Omah (61) warga Pagerageung Tasikmalaya dan Feri (37) keponakan dari Enok yang meninggal saat dilarikan ke RSUD Ciamis.

Sedangkan untuk korban luka-luka merupakan penumpang bus, warga sekitar dan pengendara di lokasi kejadian.

BACA JUGA: Kecelakaan di Ciamis, 4 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Tanjakan Cibeka

Akibat kecelakaan ini, kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Share.

Leave A Reply