Banyak masalah yang sering terjadi pada akun Google, salah satunya dinonaktifkan. Untuk cara mengatasi akun Google dinonaktifkan ini sebenarnya cukup mudah tergantung penyebabnya.

Akun Google merupakan salah satu akun utama yang bisa kamu gunakan untuk login ke berbagai aplikasi di smartphone, baik itu Gmail, Play Store, Drive dan masih banyak lagi.

Dinonaktifkannya akun Google ini biasanya sering terjadi pada beberapa orang karena melanggar kebijakan Google, atau alasan lainnya yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Selain itu, akun Google dinonaktifkan juga bisa terjadi karena masalah lain, seperti login akun Gmail yang mengharuskan verifikasi robot.

Perlu kamu ketahui, verifikasi robot ini sangat berpengaruh dan jangan kamu abaikan, karena Google bisa mendeteksi aktivitas mencurigakan dengan mudah dengan bantuan algoritmanya.

Nah, jika kamu mengalami hal serupa dan bingung karena akun tersebut sering digunakan untuk kebutuhan pekerjaan atau kebutuhan penting lainnya, berikut kami akan memberi beberapa solusi untuk mengatasinya.

BACA JUGA: Cara Mengganti Sandi Akun Google

Cara Mengatasi Akun Google Dinonaktifkan

Mengapa Akun Google Dinonaktifkan?

Google biasanya menonaktifkan akun yang mencurigakan, dimana merka tidak akan menonaktifkan akun kamu tanpa alasan.

Pada beberapa kasus, biasanya akun Google dinonaktifkan karena ada kegiatan mencurigakan, batasan usia dan hal lainnya.

Apalagi sekarang ini, Google semakin menambah keamanan sistemnya untuk menjamin semua data dan informasi pribadi penggunanya agar tidak bocor.

Cara Mengatasi Akun Google Dinonaktifkan

  • Buka halaman Gmail pada perangkat yang kamu gunakan, kamu bisa membukanya melalui aplikasi atau situs resminya.
  • Selanjutnya login pada akun kamu.
  • Setelah itu, akan muncul notifikasi pemberitahuan bahwa akun Google tersebut dinonaktifkan sementara oleh pihak Google.
  • Nantinya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor HP aktif yang sedang digunakan dan sebelumnya telah kamu tautkan pada akun Google tersebut.
  • Pihak Google akan mengirimkan SMS yang berisikan kode verifikasi berisi 6 digit angka untuk memulihkan akun Google kamu.
  • Terakhir, masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang disediakan. Jika kode benar akun Google kamu akan aktif secara otomatis.

Cara Memulihkan Akun Google karena Melanggar Kebijakan Layanan

Jika kamu melanggar salah satu ketentuan dan kebijakan dari layanan Google ini, maka akun kamu bisa saja dinonaktifkan. Contohnya kamu terlibat dalam kegiatan invalid Adsense.

Jadi sebelum kamu mengikuti salah satu aktivitas, kamu harus mengetahui kebijakannya terlebih dahulu. Jika sudah terlanjur di nonaktifkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasinya:

  • Buka halaman Google lalu klik tiga titik vertikal di pojok kiri atas.
  • Pilih menu Pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih akun kamu untuk membuka halaman akun.
  • Lalu klik ubah opsi Pemulihan Sandi pada menu Setelan akun.
  • Masukkan password akun tersebut untuk memastikan bahwa kamu adalah pemilik akun tersebut.
  • Lalu, tambahkan alamat email atau nomor HP pemulihan.
  • Terakhir simpan.

Untuk lamanya dinonaktifkan akun Google sendiri tergantung kesalahan apa yang kamu buat, bisa 24 jam atau lebih. Jika cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah yang kamu miliki, kamu bis amencoba untuk menanyakan pada CS Google.

BACA JUGA: Cara Menyadap WhatsApp lewat Google Maps

Demikianlah cara megatasi akun Google dinonaktifkan yang bis akamu lakukan, semoga membantu.

Share.

Leave A Reply