Seperti kita ketahui NFC merupakan salah satu teknologi baru yang menerapkan prinsip pengiriman dan penerimaan informasi melalui gelombang radio. Cara menggunakan NFC ini sendiri cukup mudah, terutama di HP Samsung.

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. Fitur tersebut bisa memudahkan penggunanya karena bisa menghubungkan perangkat pada suatu akses tanpa kabel secara cepat.

Fitur ini sendiri bisa kamu gunakan untuk memindahkan dokumen dan melakukan transaksi secara online dengan perangkat tambahan lainnya.

Untuk sistem kerjanya memang hampir sama dengan WiFi dan Bluetooth, hanya saja NFC ini memiliki sistem yang kerja yang lebih canggih dan bisa beroperasi lebih cepat.

Nah, jika kamu penasaran dengan cara penggunaanya terutama pada HP Samsung, kamu bisa menyimak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

BAA JUGA: Cara Bayar Tol Pakai LinkAja

Cara Menggunakan NFC di HP Samsung

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu buka menu Pengaturan pada perangkat yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya cari dan buka menu Connections di Pengaturan.
  • Kemudian aktifkan fitur NFC and payment dengan cara memindahkan kursor atau tombol slider ke arah kanan.
  • Kamu juga bisa mengaktifkan fitur NFC melalui bar notifikasi, cara tersebut tentunya lebih efisien dan cepat dilakukan tanpa harus membuka menu Pengaturan.

    Aktifkan NFC
    Aktifkan NFC. (IST)
  • Jika kamu sudah mengaktifkannya, HP Samsung yang kamu gunakan akan secara otomatis memindai perangkat lain atau akses untuk NFC misalnya cek saldo e-toll.
  • Tapi perlu kamu ketahui, fitur ini hanya bisa kamu gunakan dalam jaran kurang dari 100 meter atau antar perangkat harus menempel agar bisa bekerja dengan maksimal.

Manfaat dan Keunggulan Fitur NFC di HP Samsung

Adapun beberapa manfaat dan keunggulan yang bisa kamu nikmati dari penggunaan fitur ini, berikut diantaranya:

Bisa Transfer Data dengan Cepat

Pertama kamu bisa melakukan transfer data dengan cepat tanpa kabel dan listrik, dan bermodalkan jaringan internet saja.

Tapi pastika kedua perangkat yang kamu gunakan untuk mengirim dan menerima data sudah dilengkapi dengan fitur NFC.

Untuk Pembayaran Cashless

Selanjutnya kamu bisa menggunakan fitur NFC untuk melakukan pembayaran cashless, apalagi sekarang ini tengah marak enyakit menular dan alat ini bisa menjadi solusi kamu untuk melakukan transaksi.

Tenang saja, metode ini bisa kamu lakukan tanpa kartu kok. Selain itu, cara menggunakan NFC ini juga cukup mudah, sekalipun untuk orang awam.

Melakukan Pengecekan Saldo E-Toll dan E-Money

Sebelum kamu masuk toll, kamu harus memastikan saldo dalam kartu e-toll kamu mencukupi, karena kini sebagian besar toll di Indonesia dilakukan secara mandiri tanpa petugas.

Menariknya, kamu juga bisa langsung melakukan pengisian saldo kartu tersebut jika tidak terdapat saldo di dalamnya.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Notifikasi WA yang Tidak Muncul

Demikianlah cara menggunakan NFC Samsung untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, yuk upgrade smartphonemu agar bisa menikmati fitur NFC ini!

Share.

Leave A Reply