Cara membuat video pembelajaran biasanya dicari oleh beberapa guru yang ingin membuat suasana belajar menjadi lebih menarik.

Seperti kita ketahui, di masa pandemi seperti sekarang ini banyak kegiatan yang dilakukan di rumah, salah satunya belajar daring.

Untuk menciptakan suasana belajar online yang tidak monoton, biasanya guru mencari cara untuk membuat media pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.

Proses belajar jarak jauh atau daring memang menjadi salah satu tantangan yang harus  dipecahkan oleh guru, terutama dalam hal produksi video penyampaian materi belajar.

Selain itu, kini juga sudah ada aplikasi untuk membuat video pembelajaran yang memiliki user interface freindly dan mudah digunakan, salah satunya adalah FlexClip.

Secara garis besar, kegiatan membuat dan mengedit video memang menjadi salah satu pekerjaan yang paling menuntut mental, apalagi kini materi pembelajaran sudah banyak dibuat dalam bentuk video.

Meskipun demikian, hal tersebut kini sudah bukan menjadi masalah lagi jika kamu menggunakan FlexClip. Ya, hadirnya aplikasi editing online tersebut membuat kamu bisa lebih mudah menciptakan video pembelajaran yang kreatif, inovatif dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Nah, jika kamu ingin menciptakan video pembelajaran yang inovatif, berikut kami akan mengulas cara membuat video pembelajaran yang mudah tapi nyaman dilihat. Berikut diantaranya.

Tips dan Kriteria Membuat Video Pembelajaran

  • Menggunakan Metode dan materi pembelajaran yang pastinya searah dengan tujuan pembelajaran.
  • Media yang disajikan harus sesuai dengan materi pembelajaran yang akan kamu buat.
  • Guru dapat (terampil) menggunakan banyak media.
  • Praktis, fleksibel dan video yang berdurasi lama.
  • Media materi pembelajaran yang dibuat harus mempunyai kesan ringkas tapi mudah dimengerti.

BACA JUGA: Cara Video TikTok Jadi Wallpaper

Cara Membuat Video Pembelajaran Menarik di PC

Persiapkan Materi Pembelajaran secara Lengkap dan Rinci

Pertama kamu harus mempersiapkan materi pembelajaran sedetail mungkin, untuk itu kamu harus merangkum terlebih dahulu materi belajar yang akan dibahas pada sebuah video.

Selain itu, kau harus memuat materi yang mudah diingat, bahasa baku, untuk membuat tayangan slide video yang ringkas, efektif, tapi tetap menarik agar bisa membangkinkan niat belajar.

Kamu juga bisa menggunakan template-template unik untuk mempercantik tampilan slide pada video penyampaian materi belajar yang sudah dibuat.

Persiapkan Alat Penunjang Pembuatan Video Pembelajaran

Selanjutnya kamu harus menyiapkan alat pembuat media belajar, mulasi dari kamera HP atau kamera webcam dan tripod untuk menstabilkan gerakan resolusi kamera agar tampak jelas saat merekam video materi belajar yang tengah kamu buat.

Hindari menggunakan aplikasi camera beauty, karena akan membuat materi tampak buram dan kurang jelas.

Persiapkan Green Screen untuk Latar Video

Jika video yang kamu gunakan memuat sebuah tutorial, kamu harus menyiapkan green screen agar mudah dihilangkan dan diganti dengan latar yang sesuai dengan materi video tutorial.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mengedit video pembelajaran agar lebih menarik.

Dimana kamu bisa menambahkan backsound, efek dan fitur lainnya agar sesuai dengan materi video yang kamu buat.

Selain  FlexClip, berikut ini adalah beberapa aplikasi penunjang untuk membuat video materi belajar yang bisa kamu gunakan diantaranya:

  1. PowerPoint
  2. Studio Animasi
  3. Powtoon
  4. Kinemaster
  5. FilmoraGo
  6. YouCut
  7. InShot

BACA JUGA: Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

Demikianlah cara membuat video pembelajaran lengkap agar tidak membosankan. Untuk materinya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Share.

Leave A Reply