Cara melacak penipu melalui nomor rekening kerap kali dicari oleh beberapa pengguna yang mengalami kejadian penipuan.

Seperti kita ketahui, di era digital sekarang ini semuanya serba canggih, mulai dari penggunaan media, penggunaan aplikasi mobile hingga transaksi online.

Tak jarang dari mereka ada yang pernah mengalami kasus penipuan online, hall tersebut tentunya sangat menjengkelkan bukan?

Kasus penipuan yang sering terjadi ini biasanya menggunakan modus rekening bank, baik itu peretasan akun atau hal lainnya.

Penipuan tersebut juga berjalan dengan cepat karena mereka bersifat komplotan dan sudah menargetkan orang dan menyusun strategi sebelumnya.

Nah, jika kamu mengalami hal serupa dan penasaran dengan siapa penipu tersebut, kamu bisa mencoba cara untuk melacak penipu melalui nomor rekening yang mereka gunakan untuk menerima data atau uang transferan.

BACA JUGA: Cara Transfer ShopeePay ke Rekening Bank

Cara Melacak Penipu melalui Nomor Rekening

Melacak Nomor Rekening melalui Situs CekRekening.id

Jika kamu berniat melaporkan penipu tersebut, kamu harus mengumpulkan beberapa bukti dan penunjang lainnya.

Nomor rekening pelaku dan lokasi menjadi salah satu persyaratan pokok yang harus kamu penuhi.

Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak dan mengetahui informasi rekening pelaku via website CekRekening.id. Ini dia tutorialnya:

  • Buka aplikasi browser yang terinstall pada perangkat yang kamu gunakan, disini kamu bisa menggunakan browser PC atau browser pada HP.
  • Jika halaman sudah terbuka, kunjungi website CekRekening.id atau kamu bisa klik disini untuk membuka situsnya.
  • Pilih opsi Periksa Rekning Bank.

    Periksa Rekenening Bank
    Periksa Rekenening Bank. (IST)
  • Lalu masukkan nama Bank yang digunakan pelaku, jika kamu belum mengetahuinya, kamu bisa mencari informasi mengenai kode dari nomor rekening bank tersebut.
  • Kemudian masukkan nomor rekening pelaku, jangan lupa untuk mencontreng I’m Not Robot untuk memastikan pengguna bukan robot.
  • Setelah itu pilih opsi periksa rekening.

    Cara Melacak Pemilik Rekening
    Cara Melacak Pemilik Rekening. (IST)
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai, nantinya situs CekRekening.id akan memberikan informasi detail mengenai rekening tersebut, dan data lainnya seperti bermasalah atau tidak.
  • Selain itu, kamu juga akan menerima informasi mengenai identitas pemilik dan lokasi pembuatan rekening bank tersebut.
  • Kamu bisa menscreenshot atau mendownload data tersebut sebagai barang bukti kuat untuk melaporkan pelaku.
  • Selesai.

Jika hasil penelusuran informasi terdapat beberapa data atau akun lainnya mengalami keluhan serupa, kamu bisa langsung melaporkan nomor rekening tersebut dengan tools yang telah disediakan sebelumnya.

Menghubungi Layanan Call Center

Tapi jika kamu memiliki banyak pula pada nomor HP yang kamu gunakan, kamu bisa langsung menggunakan layanan call center yang ada untuk menanyakan informasi terkait.

Menariknya, layanan ini bekerja 24 jam full tanpa batas, dengan begitu kamu akan menemukan informasi tentang rekening penipuan dengan cepat dan mudah.

BACA JUGA: Cara Membuka Rekening BCA

Demikianlah cara melacak penipu melalui nomor rekening yang bisa kamu coba untuk menemukan informasi lokasi penipu serta identitas penting lainnya.

Tetap berhati-hati menggunakan internet banking dan layanan keuangan lainnya, pastikan kamu menggunakan layanan yang sudah terdaftar di OJK dan Bank Indonesia.

 

Share.

Leave A Reply