Aplikasi perekam layar PC ringan memiliki fungsi yang sangat penting. Sebagian besar orang pengguna PC kerap kali lupa untuk menginstall aplikasi ini.

Aplikasi screen recorder ini berfungsi untuk membuat rekaman pada video tutorial, game, presentasi dan lainnya tanpa watermark.

Saat ini, terdapat banyak aplikasi rekam layar untuk PC dan Laptop yang bisa kamu gunakan. Dan masing-masing aplikasi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut beberapa rekomendasi software yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar PC dan laptop-mu.

Aplikasi Perekam Layar PC Ringan Tanpa Watermark

Open Broadcaster Software (OBS Studio)

Open Broadcaster Software
Open Broadcaster Software. (IST)

Di deretan pertama ada Open Broadcaster Software atau bisa disingkat OBS. Aplikasi ini merupakan aplikasi software perekam layar PC dan Laptop terpopuler yang bisa kamu gunakan tanpa watermark.

OBS Studio ini bersifat open source dan multiplatform, sehingga aplikasi ini dapat dipasang di Windows, OSX, ataupun Linux.

Aplikasi yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk merekam video atupun broadcast di berbagai situs online secara langsung.

Tampilan yang disuguhkan OBS Studio juga cukup sederhana, tentunya dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan untuk merekam berbagai jenis media seperti merekam desktop, merekam audio internal maupun external, dan juga kamu bisa merekam webcam dengan aplikasi ini.

Sayangnya aplikasi ini kurang friendly untuk pemula karena user yang disediakan cukup rumit. Untuk mengunduhnya kamu bisa mengunjungi link https://obsproject.com/

TinyTake – Aplikasi Perekam Layar PC Ringan

TinyTake - Apk Perekam Layar PC Ringan
TinyTake – Apk Perekam Layar PC Ringan. (IST)

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer MangoApps ini bisa jadi pilihan selanjutnya untuk kamu yang mau download aplikasi perekam layar PC gratis.

Meskipun gratis, tapi aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang beragam. Mulai dari fitur untuk merekam seluruh layar atau area tertentu saja,  fitur zoom in/zoom out,hingga  fitur anotasi ada dalam aplikasi ini.

Sayangnya, untuk digunakan merekam layar hingga 120 menit Aplikasi Ini harus menggunakan versi berbayar.

BACA JUGA:  Aplikasi Screenshot Panjang

Action!

Action!
Action!. (IST)

Aplikasi perekam layar laptop terbaik selanjutnya adalah Action!, aplikasi ini mampu melakukan streaming secara real-time dan merekam video yang sangat baik pada resolusi HD.

Dalam Action! Kamu juga bisa menemukan berbagai fitur esensial dan fitur-fitur unik lainnya.

Selain itu terdapat fitur screenshot juga pada aplikasi ini. Sangat cocok digunakan bagi kamu yang ingin mengambil gambar untuk membuat tutorial.

Format yang dihasilkan dari Action! ini adalah MP4 dan AVI, jadi jangan khawatir hasilnya tidak sempurna karena kamu nantinya bisa mengedit di aplikasi editing video seperti, Adobe Premiere Pro.

WM Capture – Aplikasi Perekam Layar PC Ringan

WM Capture - Apk Perekam Layar PC RINGAN
WM Capture – Apk Perekam Layar PC Ringan. (IST)

WM Capture adalah aplikasi rekam layar yang mempunyai kelebihan fitur schedule recording.

Dengan fitur tersebut kamu dapat menjadwalkan kapan aplikasi perekam itu bekerja pada PC atau Laptop kamu. Serta pada saat waktu yang dijadwalkan screen recorder tersebut akan berjalan dengan otomatis.

Rekaman yang dihasilkan pun dapat disimpan ke dalam format MPEG, WMV, AVI,DVD, ISO dan masih banyak lainnya.

Namun untuk aplikasi ini belum bisa kamu gunakan untuk merekam live streaming.

DXTory

DXTory
DXTory. (IST)

Aplikasi rekam layar terbaik selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu DXTory, software perekam layar Laptop ini memiliki ukuran yang ringan dengan tampilan sederhana.

DXTory merupakan aplikasi screen record yang mampu mengangkut video dengan kualitas tinggi sesuai dengan kemampuan PC atau Laptop.

Pengaturan suara yang dimilikinya juga cukup baik dan mampu merekam multiplayer secara  bersamaan, contohnya suara dari game dan suara rekaman yang telah kamu lakukan dan diedit secara berdampingan.

Nvidia GeForce Experience

Nvidia GeForce Experience
Nvidia GeForce Experience. (IST)

Terakhir, ada ShadowPlay. Hardware accelerated screen recording ini berbasis Windows yang menggunakan GPU GeForce.

ShadowPlay ini mempunyai kemampuan merekam mundur hingga 30 menit ke belakang dengan cara menekan shortcut.

Dengan itu, moment yang terlewat dapat diabadikan dalam bentuk video yang tersimpan dalam format MP4.

Namun, hardware ini hanya tersedia untuk pengguna kartu Nvidia saja. Untuk mendapatkan aplikasi ini kamu bisa klik disini.

BACA JUGA:  Aplikasi Screen Mirroring Android ke PC

Itulah rekomendasi kumpulan aplikasi perekam layar PC dan Laptop yang bisa kamu gunakan.

Share.

Leave A Reply