Banyak cara untuk memulai usaha di masa pandemi tanpa harus melakukan banyak kontak dengan orang, salah satunya dengan cara buka toko di Shopee.

Shopee kini memang menjadi aplikasi pelopor belanja online terbesar yang ada di Indonesia.

Nah, jika kamu ingin mulai usaha, platform yang satu ini sangat cocok untuk kamu gunakan untuk berjualan kecil-kecilan dan belum memiliki dana untuk membuat offline store.

Shopee sendiri memiliki pengunjung website bulanan lebih dari 129,320,800 orang, hal tersebut tentunya menjadi kesempatan penjual untuk menjangkau banyak pembeli.

Jika kamu ingin mencobanya, berikut kami akan membahas cara buka toko di Shopee online. Tenang saja cara ini mudah dilakukan asalkan kamu mengisinya dengan tepat.

Cara Buka Toko di Shopee

Membuat Akun Shopee

Untuk opsi ini kamu bisa membuat akun Shopee melalui perangkat HP atau PC, dengan mengunjungi situs Shopee.co.id.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun Shopee dengan menggunakan alamat email atau nomor HP yang aktif.

Ubah username sesuai dengan keinginan kamu jika diperlukan.

Lengkapi Profil Toko

Setelah memiliki akun pada aplikasi Shopee, selanjutnya kamu harus melengkapi profil toko. Berikut caranya:

  • Via Seller Center: Buka Seller Centre, pilih ‘Profil Toko’ > kemudian lengkapi ‘Nama Toko’ > ‘Deskripsi Gambar’ > ‘Deskripsi’ setelah itu klik ‘Simpan’.
  • Via Aplikasi Shopee: Buka Aplikasi Shopee di handphone kamu, pilih ‘Saya’ lalu ‘Mulai Jual’. Pilih ‘Asisten Penjual’ > ‘Profil Toko’ > kemudian lengkapi ‘Nama Toko’ > ‘Deskripsi Gambar’ > ‘Deskripsi’ setelah itu klik ikon ‘Centang’ di pojok kanan atas menu.

    Registrasi Toko Shopee
    Registrasi Toko Shopee. (IST)

Pilih Jasa Kirim

Cara Buka Toko di Shopee
Cara Buka Toko di Shopee. (IST)

Kemudian pilih jasa kirim yang ingin kamu gunakan untuk mengirim produk yang kamu jual ke konsumen atau pembeli.

Shopee menyediakan beberapa jasa kirim terbaik di Indonesia, mulai dari J&T Express, JNE (YES, REG dan OKE),  Pos Indonesia, Sicepat Express,Shopee Express, AnterAja, Grab (same day), dan GoSend (same day).

Pastikan kamu memilih jasa kirim yang sesuai dan memiliki reputasi kirim yang cepat. Setiap pengaktifan jasa kirim baru di level toko, jangan lupa untuk mengaktifkan juga opsi tersebut di level produk.

Cara Memilih jasa kirim level toko:

Berikut langkah-langkah pengaktifannya:

  • Buka Aplikasi Shopee yang terinstall, lalu pilih menu ‘Saya’
  • Selanjutnya pilih ‘Toko Saya’.
  • Kemudian, pilih ‘Jasa Kirim Saya’ untuk memilih jasa kirim yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan pada level toko. Mudah bukan?

Cara Memilih jasa kirim level produk:   

  • Via Aplikasi Shopee: Buka Aplikasi Shopee di handphone kamu, pilih ‘Saya’ lalu ‘Toko Saya’.
  • Pilih ‘Asisten Penjual’ > ‘Produk Saya’
  • Setelah itu pilih produk yang ingin kamu atur Jasa Kirimnya,
  • Pilih ‘Ubah Produk’ > ‘Ongkos Kirim’
  • Lalu pilih Jasa Kirim yang ingin diaktifkan. Pada opsi ini kamu bisa memilih jasa kirim apa saja yang ingin kamu gunakan, dan menonaktifkan jasa kirim yang tidak ingin kamu gunakan.

Tambahkan Rekening Bank

Jangan lupa untuk menambahkan rekening bank, opsi ini dibuat untuk menerima dan mencairkan dana penjualan yang kamu lakukan.

Upload Produk

Jika semua informasi dan detail produk telah kamu masukan dengan benar, kamu hanya tinggal mengupload produk yang akan kamu jual.

Pada Shopee kamu bisa menjual apapun, mulai dari Pakaian, Jam tangan, Aksesoris, Sepatu, Alat Elektronik, Kosmetik, Makanan dan masih banyak lagi.

Nah, untuk menguploadnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Toko Shopee yang telah kamu buat sebelumnya.
  • Lalu pilih opsi  Mulai Jual di Aplikasi Shopee.
  • Kemudian klik ‘Tambah Produk Baru’;
  • Upload gambar produk yang akan kamu jual serta informasi lainnya, mulai dari harga, warna, ukuran, jenis makanan dan tentukan jasa kirim yang akan kamu gunakan.
  • Pastikan produk yang kamu jual aman dan tidak dilarang oleh Shopee.
  • Jika sudah klik ‘Simpan dan Tampilkan’
  • Jangan lupa untuk mempromosikan produk dan toko Shopee kamu agar ratingnya meningkat.

BACA JUGA: Cara Bayar Tagihan Kredivo di Bukalapak

Nah, itulah cara buka toko di Shopee yang bisa kamu coba. Berjualan melalui online tentunya lebih efisien tanpa mengeluarkan banyak modal.

Jika kamu ingin memulai berjualan, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu gunakan, selain mudah transaksinya bisa dilakukan kapan saja dan dimanapun.

Share.

Leave A Reply