Sosial Media, RANCAH POST – Warganet dibuat terenyuh ketika melihat sebuah video yang memperlihatkan seorang bocah penjual ulekan keliling sedang duduk sambil istirahat di pinggir jalan.

Video tersebut diketahui diunggah oleh akun TikTok @__rhrlinaaa pada 30 Oktober 2021 dan telah ditonton lebih dari 1,5 juta kali.

Dalam video tersebut terlihat seorang bocah laki-laki penjual ulekan batu itu sedang duduk di samping pedagang batagor.

Bocah berbaju putih itu tampak termenung sambil istirahat, sesekali ia tampak menyeka wajahnya. Di depannya ada beberapa ulekan batu yang masih belum laku.

Pengunggah video menuliskan bahwa ia tak sengaja bertemu dengan bocah tersebut saat sedang membeli makanan.

“Lagi beli makanan gak sengaja liat anak ini lagi duduk istirahat. Dia jualan ulekan batu keliling, trus ditanya dia darimana, ternyata dari Soreang,” tulis dalam video.

Saat dinyata, bocah itu mengaku berasal dari Soreang dan berjalan kaki hingga Lembang, Jawa Barat, seorang diri.

“Soreang – Lembang bukan jarang dekat, apalagi dia PP (pulang pergi) ga bisa bayangin lelahnya kaya gimana, tapi dia gak ngeluh sedikit pun,” sambungnya.

@__rhrlinaaa

sudahkah kita bersyukur hariini?? #ReadyToNuGlow #fypシ #masukberandafyp #lembangbandung #ypf #berandatiktok #bersyukur #xyzbca #tiktokviralvideo

♬ Easy On Me – Adele

Di video selanjutnya, pemilik akun TikTok tersebut akhirnya membuka donasi untuk bocah tersebut. Sebelumnya, memang banyak warganet yang mengusulkan hal ini.

Setelah uang donasi terkumpul, pemilik akun segera pergi ke rumah si bocah yang berlokasi di Cigondewah, Bandung, Jawa Barat.

“Alhamdulilah uang donasi terkumpul cukup banyak, melebihi ekspektasiku, ternyata masiih banyak banget orang-orang baik dan orang-orang yang peduli,” tulisnya dalam video,

Dalam keterangan unggahan, disebutkan bahwa bocah penjual ulekan itu memiliki 12 saudara. Diketahui, 3 orang telah menikah, dan saudara-saudaranya yang lain tinggal bersama dalam satu rumah.

Namun bocah penjual cobek ini tidak tinggal bersama orang tuanya, melainkan di tempat kerjanya. Ia baru akan pulang ketika ingin atau setelah mendapatkan uang untuk diberikan pada ibunya.

“Ternyata adenya 12 bersaudara guys, 3 udah nikahm dan 8 lagi tinggal dalam satu rumah. Adenya ga tinggal di rumah ini, dia tinggal di tempat kerjanya. Paling kalo pulang semaunya dia ata kalo udah ada uang buat ngasih ke ibunya,” paparnya. .

Ia rela putus sekolah dan bekerja demi membantu ibunya untuk melunasi utang ke neneknya. Uang itu sebelumnya digunakan untuk merenovasi rumah yang terkena hujan angin.

“Banyak yang nanya ibunya kemana, kok ngebiarin. Adeknya jualan karena kemauan adeknya, dia rela berhenti sekolah buat bantu ibunya yang. Ayahnya ngerantau ke Medan kerja di orang, ibunya juga jualan makanan, tisu, dan lainnya,” ungkap pengunggah video lagi.

“Ibunya punya utang sebesar Rp 6.500.000, bekas renovasi,” sambungnya.

Saat itu juga, pemilik akun TikTok @__rhrlinaaa, memberikan uang donasi untuk melunasi utang-utang ibu si bocah serta memberikan bantuan lainnya, salah satunya sembako.

BACA JUGA: Kasihan! Diduga Kelelahan, Bocah Penjual Koran Ketiduran di Depan Mal

@__rhrlinaaa

Alhamdulillah,amanah yang kalian titipkan sdh sy sampaikan , mudah’an dimanfaatkan sebaik2ny#fypシ #viral #JNE31Seru #Lazada1212Meriah #pubgmjinx #Vt

♬ Angin Datang Kasih Kabar – Rayon Saudi

Share.

Leave A Reply