Viral Video, RANCAH POST – Beredar sebuah rekaman video yang memperlihatkan kereta api berhenti di kawasan pemukiman warga karena lintasan terendam banjir.

Video berdurasi 23 detik itu ramai diunggah oleh sejumlah akun, salah satunya akun Instagram @infojember. Diketahui kejadian itu terjadi di Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur.

“Sebuah kereta terhenti
📍Sekitar Perumnas Patrang,
Belum jelas alasan sebenarnya,
Tapi sepertinya lintasan terhalang sesuatu,” tulis akun Instagram @infojember dalam keterangan unggahannya. Lihat videonya di sini.

Dalam video tersebut terlihat hujan turun cukup deras dan pemukiman warga terendam banjir. Alhasil, rel kereta pun ikut terendam dan membuat kereta yang melintas harus berhenti terlebih dahulu.

Tampak kereta itu berhenti di tengah genangan air. Seorang masinis dan beberapa warga tampak berada di tengah rel untuk mengecek kondisi lintasan.

Melansir Detik.com, Plh Manajer Humas PT KAI Daop 9 Tohari memebnarkan adanya gerbong kereta yang berhenti di perlintasan rel ketika akan sampai di Stasiun Jember.

Kereta tersebut terpaksa berhenti karena banjir merendam rel di Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur, pada Rabu 15 Desember 2021, sektar pukul 15.00 WIB.

Kereta api yang berhenti itu adalah Kereta Api (KA) Wijaya Kusuma relasi Banyuwangi – Cilacap. Saat itu kereta berhenti di perintasan kilometer +200/203.

“Perlintasan rel (kereta api) antara stasiun Arjasa dengan stasiun Jember. Tepatnya sekitar Perumahan Regency Patrang, setelah melewati Perumnas Patrang,” kata Tohari.

Kereta itu berhenti kurang lebih 10 menit untuk memastikan terlebih dahulu ketinggian genangan air dari kopel. Barulah setelah dinyatakan aman, kereta melanjutkan perjalanan.

“Setelah dinyatakan aman ya jalan lagi. Karena kan lokomotif kita itu kan, (mesinnya) diesel elektrik (bagian) bawahnya ada traksimotor. Sehingga dikhawatirkan ada gangguan pada kereta,” lanjutnya.

Akibat kendala ini, KA Wijaya Kusuma datang terlambat ke stasiun Jember.

Sementara itu, video saat KA Wijaya Kusuma berhenti karena banjir menjadi viral di media sosial dan menuai berbagai komentar dari warganet.

dipratama, “KA Wijayakusuma relasi Ketapang – Sb. Gubeng – Yogyakarta – Cilacap itu min @infojember , akibatnya jadwal KA agak terlambat masuk sta JR.”

ra.ventii, “Ini kpn? Skrg? Rmhku argopuro klo brgkat skrg ke patrang nutut ga ya mo liat😂😂”

BACA JUGA: Video Detik-detik Menegangkan Saat Kereta Api Tabrak Sepeda Ontel Milik Bapak-bapak

doubleis12, “Lebih baik mandeg sak wentawis supoyo penumpange selamet kabeh termasuk crew sepure ..”

Share.

Leave A Reply