Sosial Media, RANCAH POST – Kondisi desa yang kosong karena para warga mengungsi di pengungsian erupsi Gunung Semeru rupanya dimanfaatkan oleh seorang pria untuk melancarkan aksi pencurian barang.

Ya, seorang pria bernama Rewandi (31) kepergok melakukan aksi pencurian di warung milik warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru di kawasan Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, pada Jumat, 10 Desember 2021.

Kini pelaku pencurian itu telah diamankan oleh petugas dan warga setempat. Detik-detik saat pencuri itu berhasil ditangkap sempat direkam dan videonya tersebar diunggah ke media sosial oleh akun Instagram @andreli_48.

Dalam video tersebut mulanya pria yang menjarah warung milik korban erupsi Semeru itu diberhentikan warga. Salah satu warga yang geram langsung memukul wajah pelaku.

Namun, prajurit TNI dan warga lain yang berada di lokasi pun segera menahan agar warga tidak kembali memukul si pencuri.

Di cuplikan yang sama namun di suasana yang berbeda tampak pria tersebut tersungkur di tanah dalam tanpa mengenakan baju.

Seseorang pun merasa miris dengan pria tersebut karena di tengah bencana erupsi Gunung Semeru, ia malah memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan.

“Kamu sudah tahu bencana begini. Otakmu nyuri saja. Kamu gak usah nangis kalau begini. Orang menderita,” ucap seseorang tersebut sambil memukul area wajah pelaku.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelaku menyatroni warung makan milik salah satu warga korban erupsi Semeru, pada sekitar pukul 13.00 WIB.

Ia mengambil barang-barang di warung yang ditinggal oleh pemiliknya karena terkena erupsi Semeru. Namun saat beraksi, aksi pelaku diketahui oleh seorang warga lainnya.

Prajurit TNI pun segera melakukan pengejaran dan akhirnya berhasil menangkap pelaku yang sebelumnya melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor.

Pelaku yang kini berhasil tertangkap langsung diserahkan ke Mapolsek Candipuro untuk menghindari amukan massa. Namun akibat akasinya, korban mengalami kerugian sebesar Rp 750.000.

“Maling di Kamar kajang Sumber wuluh ketangkep min, di suasana duka masih aja ada maling,” tulis akun Instagram @andreli_48 dalam keterangan unggahannya. Lihat videonya di sini.

Video detik-detik pelaku pencurian barang milik warga korban erupsi Gunung Semeru itu langsung membuat banyak warganet geram.

bocah_petaquilan, “Masukin kawah, sapa tau bisa buat nyumpal lahar semeru ..udah tau kondisi nya kyak gini msh aja ambil kesempatan!!!😡”

lailyprafitri, “yang lain berlomba lomba donasi, ini malah berlomba lomba nyolong 😢”

BACA JUGA: Viral Video Kerbau Selamat dari Erupsi Gunung Semeru Meski Tubuhnya Terkubur Lahar

muhammad_ikshan, “Jangan di viralin pak, langsung eksekusi kubur di tempatm.”

Share.

Leave A Reply