RANCAH POST – Mirip kedua ‘kakaknya’, cara screenshot Realme 8i juga sangatlah mudah. Kombinasi tombol Power dan volume bawah memang menjadi salah satu cara terampuh untuk mengambil screenshot di ponsel Android.

Akan tetapi, mubazir rasanya perusahaan pembuat smartphone sekelas Realme menghadirkan beraneka ragam fitur screenshot ke setiap smartphone buatan terbarunya jika tidak digunakan oleh para penggunanya.

Apabila merupakan user baru HP Realme 8i berikut ini adalah beberapa cara untuk mengambil screenshot tanpa menggunakan tombol fisik di Realme 8i.

Cara Screenshot Realme 8i

Manfaatkan Fitur Screenshot di Bar Notifikasi

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan memanfaatkan fitur Screenshot yang disisipkan pada deretan menu di Bar Notifikasi.

Untuk menggunakannya, arahkan layar pada aplikasi atau halaman yang hendak Anda capture, lalu usap layar dari atas ke bawah seperti halnya pada saat Anda hendak mengecek notifikasi WhatsApp.

Cari dan klik pada menu Screenshot atau Cuplikan Layar. Selesai, Anda tinggal mengecek hasilnya di Galeri.

BACA JUGA: Cara Screenshot Oppo A95

Smart Sidebar

Berikutnya adalah menggunakan fitur Smart Sidebar. Pertama-tama, masuk dulu ke menu Pengaturan di hp Realme 8i Anda kemudian cari menu Alat Praktis dan Bilah Samping Cerdas.

Jika Anda kesulitan, cukup ketik kata kunci ‘Bilah Samping Cerdas’ pada kolom pencarian yang ada di menu Pengaturan. Setelah itu Anda hanya tinggal mengaktifkannya.

Apabila sudah aktif, di sebelah kanan layar hp Realme 8i milik Anda akan muncul garis vertikal kecil, silahkan Anda tarik garis tersebut ke sebelah kiri lalu pilih menu Screenshot.

Selain menu Screenshot, di sana Anda juga akan menemukan menu Perekaman Layar, Tema dan masih banyak lagi bahkan Anda dapat menyesuaikan sendiri menu apa saja yang ingin ditampilkan pada Smart Sidebar.

Screenshot 3 Jari Realme 8i

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur Screenshot 3 Jari. Tapi seperti cara yang kedua, Anda wajib mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu, yaitu dengan cara masuk ke Pengaturan > Alat Serba Guna > Gesture & Gerakan > Screenshot 3 Jari.

Setelah itu, Anda dapat mencobanya dengan cara menempelkan tiga jari Anda ke layar dan menariknya ke bawah secara cepat dan bersamaan.

BACA JUGA: Kekurangan dan Kelebihan Realme 8i, Cek Dulu Sebelum Beli!

Itulah beberapa cara screenshot Realme 8i tanpa tombol yang mungkin dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply