RANCAH POST – Tanpa banyak digembar-gemborkan, Samsung resmi memperluas jajaran ponsel Galaxy A miliknya dengan meluncurkan Galaxy A03. Smartphone ini membawa spesifikasi entry level yang tak jauh beda dengan Galaxy A03 Core.

Mulai dari desain, HP Samsung Galaxy A03 punya dimensi bodi 164.2 x 75.9 x 9.1 mm serta tersedia dalam pilihan warna Hitam, Biru dan Merah.

Ponsel buatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut dibekali layar berukuran 6.5 inci dengan resolusi HD+ yang dipercantik dengan adanya notch kecil di bagian atasnya sebagai tempat bersemayamnya sensor kamera 5 MP untuk keperluan selfie.

Untuk kinerja, Galaxy A03 diperkuat oleh chipset Unisoc berkecepatan 1.6 GHz yang dipasangkan dengan tiga varian memori, yaitu 3 GB/ 32 GB, 4 GB/ 64 GB dan 4 GB/ 128 GB.

Lalu untuk sumber daya, Samsung membekalinya dengan baterai berdaya tampung 5.000 mAh. Belum diketahui apakah ponsel ini dibekali dukungan fast charging atau tidak.

Ke sektor fotografi, Galaxy A03 punya setup dual camera belakang dengan kamera utama beresolusi tinggi, yaitu 48 MP yang ditemani kamera depth sensor 2 MP.

Smartphone ini sudah menjalankan sistem operasi Android 11, punya slot dual SIM dengan jaringan 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.1, GPS, jack audio 3.5 mm dan USB 2.0.

Tapi sayangnya, meskipun ponsel ini sudah resmi diumumkan Samsung belum mau menyebutkan berapa harga yang akan mereka tawarkan untuk Galaxy A03. Selain itu, juga belum dapat dipastikan apakah ponsel ini bakal dijual resmi di Indonesia atau tidak.

Di samping itu, ada smartphone misterius Samsung dengan nomor model SM-G990E yang sudah mendapatkan sertifikat dari TKDN.

Merujuk pada rumor dan bocoran yang berseliweran di jagat maya, nomor model tersebut dikatakan sebagai milik dari Galaxy S21 FE dan memang sesuai dengan kode nama yang muncul di situs Geekbench pada beberapa hari yang lalu.

Namun ketika Rancah Post melakukan penelusuran di situs Postel, tidak ditemukan sertifikat untuk perangkat dengan nomor model tersebut. Melainkan disana justru terdapat sertifikat untuk hp Galaxy A03 Core, Galaxy XCover 5 dan tablet Galaxy Tab Active3.

Singkatnya, selain harus mengantongi sertifikat TKDN semua perangkat smartphone yang akan diedarkan di Indonesia juga harus mendapatkan sertifikat Postel. Besar kemungkinan Galaxy S21 FE masih dalam proses pengujian.

BACA JUGA: Render Samsung Galaxy A53 5G Beredar, Pamerkan Bodi Tipis

Berbicara tentang Galaxy S21 FE, sebelumnya Samsung dikabarkan akan merilisnya pada bulan Oktober tapi tertunda dengan alasan minimnya pasok chip, bahkan ada pula kabar yang menyebut bahwa smartphone tersebut batal rilis.

Share.

Leave A Reply