Berita Ciamis, RANCAH POST – Beredar sebuah video yang memperlihatkan uang koin pecahan Rp 500 berceceran di ruas Jalan Raya Ciamis-Banjar, tepatnya di Blok Dusun Cisaga Kota, RT 02 RW 01 pada Kamis, 25 November 2021 sekitar pukul 20.00 WIB.

Dalam video yang diunggah oleh Instagram @lambeturah_official, terlihat sejumlah warga tengah membantu membereskan uang Rp 500 yang berceceran di tengah jalan.

Warga tampak mengumpulkan uang tersebut ke pinggir jalan dengan cara menyapunya. Kemudian, uang tersebut kembali dimasukkan ke dalam kantong kresek untuk diamankan.

“Hujan duit, hujan duit, kade ulah diparesakan. Hujan duit tina bus budiman,” ucap perekam video sambil menunjukkan warga yang sedang mengumpulkan uang itu kembali.

Melansir Tribunnews.com, uang koin itu terlempar dari bagasi bus Budiman Jurusan Tasikmalaya-Solo ketika melintasi belokan tajam eks Kantor Pos Cisaga.

Diperkirakan sejumlah kantong plastik berisi uang koin berjumlah puluhan juta itu berhambur dari bagasi bus yang terlepas kuncinya.

Warga yang berada di lokasi segera mengambil uang tersebut untuk diamankan. Tak hanya warga sekitar, pengendara mobil dan motor yang melintas di daerah tersebut juga berhenti untuk ikut membantu mumunguti uang.

Menurut Serka (Purn) Suhro Effendi, warga Dusun Cisaga, arus lalu lintas di lokasi uang koin berceceran itu sempat terjadi kemacetan sekitar setengah jam. Puluhan warga pun berdatangan ke lokasi.

“Tiba di luar rumah di sisi jalan lagi ramai. Disangka kecelakaan, enggak tahunya warga sedang memungut uang koin yang bececeran di tengah jalan dan sisi jalan. Ada yang bawa sapu, karung bahkan juga kardus dan sosodok,” ucap pensiunan Kaposdim Cidolog itu.

Ia bersama warga lainnya berusaha mengumpulkan uang yang berceceran itu untuk diamankan. Menurutnya, kemungkinan penyebab uang-uang itu bisa berceceran karena kunci bagasinya lepas atau lupa dikunci.

Ia pun tidak bisa memastikan berapa jumlah kantong plastik berisi uang koin yang berhamburan dari bagasi bus itu. Namun yang ia tahu, kantong plastik yang terlempar masih ada yang utuh dan banyak pula yang telah robek.

Uang-uang tersebut dikabarkan titipan dari sebuah perusahaan minimarket untuk dibawa ke Solo. Total uang yang terlempar dari bagasi bus diketahui sebanyak Rp 70 juta.

Warga berhasil menyelamatkan sekitar Rp 60 juta lebih, sisanya bocor dan tidak tahu siapa yang mengambil. Uang-uang yang berhasil dikumpulkan warga akhirnya dijemput oleh pihak perusahaan penitipan uang.

BACA JUGA: Kronologi Ditemukannya Jenazah 11 Siswa MTs Harapan Baru Ciamis yang Tewas Saat Susur Sungai

Sementara itu, video detik-detik ketika warga mengumpulkan uang koin yang berceceran di Jalan Raya Ciamis-Banjar untuk diamankan itu langsung viral di media sosial.

Share.

Leave A Reply