Berita Ciamis, RANCAH POST – Sebelas siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tewas tenggelam di Sungai Cileueur, Leuwi Ili Dusun Wetan RT 01 RW 01 Desa Utama Kecamaran Cijeungjing Kabupaten Ciamis, pada Jumat 15 Oktober 2021.

Siswa-siswa tersebut tewas terbawa arus sungai ketika mengikuti acara Pramuka, susur sungai yang diikuti oleh 150 siswa dan beberapa guru sekolah tersebut.

Tim SAR gabungan dan warga langsung bergerak cepat untuk mengevakuasi korban yang tenggelam. Proses evakuasi pun berlangsung dramatis.

Melansir Kompas.com, Kepala BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat menjelaskan terkait kronologi peristiwa siswa MTs Harapan Baru yang tewas saat susur sungai.

Memet mengatakan, mulanya petugas BPBD mendapat laporan ada sejumlah siswa MTs Harapan Baru Cijantung yang hilang setelah mengikuti acara susur sungai.

Sesampainya di sekolah sekaligus lingkungan pesantren itu, dari 150 siswa bersama para guru yang turun ke sungai, masih ada beberapa siswa yang belum kembali ke asrama.

Setelah itu, petugas BPD dan tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian dimulai pada pukul 13.30 di hari kejadian.

Kemudian, korban pertama ditemukan pada sekitar pukul 19.15 WIB dan korban lainnya ditemukan hingga pukul 21.00 WIB. Total korban yang ditemukan ada 11 orang.

“Iya, pada pukul 20.05 WIB jenazah siswa yang tenggelam sudah ditemukan meninggal 10 orang. Baru sekitar pukul 21.00 WIB lebih ditemukan lagi seorang jadi total 11 orang,” ungkap Memet.

Lebih lanjut, Memet mengatakan, dari keterangan sejumlah saksi, para korban tenggelam disebabkan terbawa arus sungai Cileueur yang sempat meluap dari arah hulu secara mendadak.

Berdasarkan hasil pendataan, total seluruh korban yang terbawa arus sebenarnya ada 21 orang, di mana 11 di antaranya tewas dan 10 orang lainnya berhasil selamat.

Korban selamat, lanjut Memet, segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis. Diketahui korban tewas dalam kejadian itu ada 11 orang, 8 orang laki-laki dan 3 orang perempuan.

BACA JUGA: Tenggelam di Pantai Cipatujah, Santri Asal Ciamis Ditemukan Meninggal Dunia

Jenazah para korban pun dibawa ke kamar mayat RSU Ciamis, masing-masing atas nama Alfian (13), Khansa (13), Dea Rizki (13), Aldo (13), Fatah (12) Candra Rizki (12), Fahrurozi (12), Aditya (12), Siti Zahra (12), Fajri (12), dan Kafka (12).

Share.

Leave A Reply