Seiring majunya teknologi kini kamu tidak perlu cape untuk merangkum suatu teks sebelum menulis atau mengetiknya kembali, karena kamu bisa menggunakan aplikasi peringkas teks untuk melakukannya.

Di zaman modern ini, banyak pelajaran yang mengharuskan siswa untuk merangkum atau meneliti intisari dari suatu bacaan, teks atau materi pembelajaran yang sedang dijalankan.

Selain itu, jika kamu sering malas membaca atau mager aplikasi ini juga sangat membantu kamu, terutama untuk beberapa pelajaran penting, seperti Ilmu pengetahuan, Akuntansi, Geografi dan lainnya yang memiliki materi penuh dengan bacaan.

Untuk mempermudah kamu mencari aplikasi peringkas teks tersebut, berikut kami akan merekomendasikan beberapa aplikasinya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel di bawah ini.

Aplikasi Peringkas Teks Otomatis

Text Summary

Text Summary
Text Summary. (IST)

Pertama ada Text Summary, aplikasi ini bisa kamu gunakan secara bebas dan gratis di  semua perangkat Android.

Cara kerja Text Summary juga tergolong mudah, dimana kamu hanya perlu mengcopy teks atau alamat website yang ingin kamu ringkas materinya.

Selain itu, kamu juga akan mendapat ringkasan teks dengan berbagai dukungan format file, mulai dari TXT, PDF, dan lainnya.

Bahkan, kamu juga bisa langsung men share hasil ringkasan ke berbagai media sosisal dengan mudah. Untuk menikmati fitur lengkapnya, kamu bisa menggunakan versi berbayar.

Ringkaz – Aplikasi Peringkas Teks

Ringkaz - Apk peringkas teks
Ringkaz – Apk peringkas teks. (IST)

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk meringkas teks, terutama ringkasan mata pelajaran SMA.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan secara gratis untuk meringkas pelajaran yang cukup rumit, seperti Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, Geografi, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya aplikasi ini jadi kamu bisa meringkas pelajaran dengan mudah, dan proses belajar akan lebih nyaman karena kamu bisa mengetahui inti dari mata pelajaran dengan cepat.

BACA JUGA: Aplikasi Pendeteksi Lagu

Summarized

Summarized
Summarized. (IST)

Summarized merupakan platform yang bisa kamu gunakan selanjutnya untuk meringkas teks  secara cepat.

Menariknya dengan aplikasi ini kamu bisa meringkas teks secara otomatis berdasarkan kalimat terpenting dari halaman yang ingin kamu ringkas.

Selain itu, kamu juga bisa menscan dokumen atau buku menjadi suatu teks dengan aplikasi ini dan langsung membagikannya ke grup atau media sosial.

Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di Google Play Store.

SumIt! Text Summarization – Aplikasi Peringkas Teks

SumIt Text Summarization - Apk peringkas teks
SumIt Text Summarization – Apk peringkas teks. (IST)

Lalu ada aplikasi peringkas teks selanjutnya SumIt! Text Summarization.

Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang sederhana sehingga sangat mudah untuk dioperasikan, sekalipun oleh pemula.

Cara kerja aplikasi ini menggunakan algoritma peringkasan berdasarkan kata kunci serta frasa teks, sehingga hasil rangkuman yang dihasilkan cukup maksimal.

Selain bisa digunakan secara gratis, kamu juga bisa langsung copy paste dari berbagai website terkecuali URL Google Drive Doc. Hal tersebut tentunya akan mempercepat proses peranguman pada suatu materi.

SemanTer Pro – Text summarizer

SemanTer Pro - Text summarizer
SemanTer Pro – Text summarizer. (IST)

Pernahkah kamu mencoba menulis ringkasan kecil dari suatu artikel? Ini bisa memakan waktu cukup lama. Untuk mengurangi penggunaan waktu kamu bisa menggunakan Semanter Pro.

Hasil ringkasan yang dilakukan oleh apliaksi ini juga cukup bagus dengan mendetail, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan materi yang tertinggal.

Dengan SemanTer Pro Anda dapat meringkas file di perangkat Android Anda, dari Google Drive serta halaman web dari berbagai ukuran.

Bahkan, kamu juga tak akan mendapatkan iklan saat menggunakan aplikasi ini. Hanya saja utnuk menggunakannya kamu haru membelinya terlebih dahulu skitar Rp 86.000,00

SUMMY – Text Summarizer

SUMMY – Text Summarizer
SUMMY – Text Summarizer. (IST)

Terakhir kamu bisa menggunakan aplikasi SUMMY – Text Summarizer untuk meringkas teks secara panjang.

Menariknya, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan ringkasan dari berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Kamu juga bisa mengedit atau menghapus hasil ringkasan sesuai keinginan jika dirasa kurang maksimal.

SUMMY – Text Summarizer juga memiliki tampilan yang simple, sehingga sangat mudah digunakan untuk paste teks atau URL dari laman website.

BACA JUGA:  Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks

Nah itulah aplikasi peringkas teks yang bisa kamu coba. Semua aplikasi di atas bisa kamu unduh di Play Store secara gratis.

 

Share.

Leave A Reply