23.4 C
Ciamis
BerandaTeknologiAplikasi7 Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks, Bermanfaat Untuk Berbagai Keperluan

7 Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks, Bermanfaat Untuk Berbagai Keperluan

Aplikasi pengubah suara menjadi teks banyak dibutuhkan orang-orang ketika dalam kondisi dan kebutuhan tertentu, misalnya saja saat rapat dan wawancara.

Tak sedikit dari mereka yang kesulitan atau bahkan tidak bisa menulis dengan sangat cepat ketika menjadi notulen saat rapat atau ketika wawancara.

Dengan hadirnya aplikasi yang bisa mengubah suara menjadi teks atau tulisan tentu sangat bermanfaat dan mempermudah pekerjaan kita.

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kita install secara gratis di smartphone dan masing-masing aplikasi mempunyai fitur yang berbeda-beda.

Untuk itu, kali ini Rancah Post telah merangkum beberapa aplikasi yang dapat mengubah suara jadi teks dengan mudah dan cepat yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Daftar Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks

Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa aplikasi yang akan kami jelaskan satu persatu di bawah ini. Langsung saja mari kita simak!

Gboard – the Google Keyboard

Gboard 1
Gboard – the Google Keyboard. (IST)

Aplikasi pertama yang bisa kamu download secara gratis di smartphone Android adalah Gboard – the Google Keyboard.

Aplikasi resmi yang diluncurkan Google ini menyediakan lebih dari 60 bahasa yang dapat kalian diterjemahkan selain bahasa Indonesia.

Tampilan aplikasinya yang sangat user friendly membuat banyak pengguna nyaman menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Speechnotes – Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks di Android

Speechnotes Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks di Android
Speechnotes – Speech To Text Notepad. (IST)

Speechnotes bisa digunakan dengan mudah untuk membantumu mengubah audio ke teks tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menekan icon mikrofon yang sudah disediakan oleh aplikasi ini.

Speechnotes mempunyai keunggulan yang dapat menerjemahkan ucapan pendek atau panjang, namun dengan syarat harus terdengar dengan jelas.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline, lho. Jadi buat kamu yang sedang kehabisan kuota, bisa tetap menggunakannya.

BACA JUGA: Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik

Voice Search – Speech to Text Searching Assistant

Voice Search Speech to Text Searching Assistant
Voice Search – Speech to Text Searching Assistant. (IST)

Aplikasi berikutnya yang juga banyak difavoritkan oleh penggunanya adalah Voice Search – Speech to Text Searching Assistant.

Sesuai namanya, Voice Search ini memudahkanmu untuk mencari aplikasi, pencarian web, dan berbagai konten-konten lainnya dengan sangat cepat.

Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan bahasa yang bisa terbaca, di antaranya seerti Inggris, Arab, Rusia, Turki, Jepang, China, dan masih banyak yang lainnya.

Di Google Play Store, aplikasi besutan Prometheus Interactive LLC ini telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dengan rating yang cukup bagus.

Live Transcribe & Sound Notifications – Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks

Live Transcribe Sound Notifications Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks
Live Transcribe & Sound Notifications. (IST)

Live Transcribe & Sound Notifications hadir untuk memudahkanmu dalam mengubah suara menjadi teks dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Aplikasi ini mendukung 70 bahasa sehingga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, lalu pengalihan dua bahasa juga bisa dilakukan dengan cepat,

Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan yang bisa mendeteksi suara yang sedang direkam tapi bukan suara bahasa.

Untuk menggunakan Live Transcribe & Sound Notifications juga snagat mudah, kamu hanya perlu menekan icon mikrofon yang sudah disediakan lalu suaramu otomatis akan berubah menjadi teks.

Speech to Text : Voice Notes & Voice Typing App

Speech to TextVoice Notes Voice Typing App
Speech to Text : Voice Notes & Voice Typing App. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi Speech to Text : Voice Notes & Voice Typing App. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengubah suara menjadi teks.

Aplikasi ini mendukung berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Selain itu, terdapat juga fitur-fitur lain yang pastinya bermanfaat untuk digunakan setiap penggunanya.

Sayuti, Asisten Notulen

Sayuti Asisten Notulen
Sayuti, Asisten Notulen. (IST)

Rekomendasi aplikasi pengubah suara menjadi teks yang satu ini memang tak sepopuler aplikasi-aplikasi sebelumnya.

Kendati begitu, fitur yang dimilikinya sangat bermanfaat untuk notulensi dengan bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, dan Inggris.

Tidak hanya itu saja, Sayuti, Asisten Notulen juga dapat digunakan untuk keperluan rapat, seminar, wawancara, dan lainnya.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat ringan yakni hanya 1,1 MB saja sehingga takkan membenani ruang penyimpanan di HP-mu.

Speech To Text by Xenom Apps

Speech To Text by Xenom Apps
Speech To Text. (IST)

Rekomendasi terakhir ada aplikasi Speech To Text yang juga memiliki kemampuan untuk mengubah suara menjadi teks dengan mudah.

Aplikasi dapat digunakan untuk mendikte teks yang bisa dikirim sebagai SMS atau email atau disalin untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Speech To Text dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk kamu yang ingin menggunakannya.

BACA JUGA: Aplikasi Pengubah Suara

Itulah beberapa aplikasi pengubah suara menjadi teks terbaik di smartphone Android yang bisa diunduh secara gratis. Semoga dapat bermanfaat.

Stay Connected

104,890FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here