Berita Nasional, RANCAH POST – Menteri (Menteri Badan Usaha Milik Negera) BUMN, Erick Thohir belakangan ini mendadak jadi perbincangan usai minta toilet SPBU gratis.

Momen ini diunggah ke Instagram resmi miliknya, @erickthohir pada 22 November 2021. Dalam video tersebut terlihat Erick Thohir sedang berbicara dengan seorang penjaga toilet di sebuah SPBU di Probolinggo Jawa Timur.

Kepada penjaga toilet, Erick mempertanyakan kenapa menggunakan toilet di SPBU harus membayar.

“Kenapa gak gratis? Kan ini fasilitas umum,” tanya Erick Thohir pada penjaga toilet.

“Saya kurang tahu pak, saya cuma kerja di sini,” jawab penjaga toilet.

Kemudian, Erick pun menanyakan terkait kepemilikan pom bensin swasta itu kepada penjaga toilet.

“Ini pom bensin swasta, sama yang punya dikontrak. Kalau ada yang mau pakai bayar 2 ribu, kalau mandi 4 ribu untuk perawatan. Kenapa engga gratis? Ini kan fasilitas umum,” kata Erick kepada penjaga toilet.

Lagi-lagi penjaga toilet di SPBU itu tidak tahu soal alasan pengenaan pungutan itu. Di sana ia hanya ditugaskan oleh pengelola SPBU.

Lebih lanjut, Erick Thohir pun mengharapkan direksi Pertamina untuk menggratiskan toilet di seluruh jaringan SPBU Pertamina.

“Kepada direksi Pertamina saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Sudah gitu, ada juga toko kelontong. Jadi, masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan,” ungkap Erick.

“Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis,” sambungnya.

Dalam video yang diunggahnya, Erick Thohir menuliskan keterangan “Ini pesan saya untuk rekan-rekan di Pertamina, dari toilet umum SPBU Pertamina, Kecamatan Malasan, Probolinggo.

Sudah kewajiban BUMN memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat”.

Melansir Kompas.com, PT Pertamina (Persero) buka suara setelah Menteri BUMN menegur terkait toilet di SPBU yang masih berbayar.

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan, pihaknya memastikan akan menggratiskan penggunaan toilet di SPBU perusahaan.

BACA JUGA: Pegawai SPBU Cipadung yang Cekcok dengan Pedagang Babak Belur Dihajar Massa

Oleh karena itu, pihaknya akan mengingatkan kembali para pemilik SPBU yang bekerja sama dengan Pertamina tentang layanan toilet gratis serta memperhatikan kebersihan dan kenyamanan toilet.

Share.

Leave A Reply