Aplikasi pengolah kata memang salah satu kebutuhan yang tak bisa tertinggal pada suatu perangkat, terutama PC atau laptop.

Platform pengolah kata memang bekerja sebagai penunjang berbagai pekerjaan mulai dari menulis artikel, copywriter, digital marketer dan pekerjaan lainnya yang bekerja menyiapkan dan mengelola dokumen.

Mungkin kamu hanya mengetahui Microsoft Word atau pages sebagai platform pengolah kata, namun kini sudah hadir belasan bahkan puluh aplkasi alternatif yang bisa kamu gunakan.

Platform ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai laporan, anggaran dan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, untuk menunjang dan mempermudah kamu dalam mengerjakan pekerjaan, berikut kami akan merekomendasikan aplikasi pengolah kata terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Aplikasi Pengolah Kata Terbaru 2021

Microsoft Word

Microsoft Word
Microsoft Word. (IST)

Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi ini? Ya, Microsoft Word merupakan platform nomor satu yang bisa kamu gunakan untuk mengolah kata.

Aplikasi milik perusahaan Microsoft Corporation ini tak hanya mengembangkat Microsoft Word saja, tapi mereka membuat paket apk pengolahan kata yaitu Microsoft Office.

Microsoft Corporation ini sendiri merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, mereka memiliki beberapa layanan platform yang sangat baik dan bisa digunakan secara gratis.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa fitur keren lainnya, seperti Word Art yang berisikan sekumpulan huruf keren yang sudah didesain semenarik mungkin.

Pages – Aplikasi Pengolah Kata

Pages - Apk pengolah kata
Pages – Apk pengolah kata. (IST)

Selanjutnya ada Pages. Platform ini adalah alat pengolah kata profesional yang tersedia secara eksklusif hanya bisa digunakan oleh pengguna software Mac OS.

Platform ini biasanya digunakan untuk membuat draft artikel, laporan harian, atau proposal untuk kebutuhan bisnis perusahaan dan lainnya.

Menariknya kamu bisa mengakomodir kolaborasi dengan tim melalui apk ini karena Pages juga memberikan fitur export dalam berbagai jenis file, seperti TXT, doc, PDF, dan masih bayak lagi.

Meskipun Pages tersedia secara gratis tapi aplikasi ini tidak bisa digunakan di semua sistem operasi.

BACA JUGA: Aplikasi Email Terbaik

Notepad

Notepad
Notepad. (IST)

Hadir sebagai aplikasi native di paket yang ada pada sistem operasi Windows, notepad bekerja sebagai aplikasi untuk mengolah teks atau dokumen sederhana yang tidak memerlukan alat edit lainnya.

Di era modern sekarang banyak digunakan untuk menulis catatan meeting, LOG modifikasi software atau aplikasi.

Sementara bagi para blogger, aplikasi ini bisa digunakan untuk membantu edit file XML serta menetralisir format dokumen yang disalin dari file lain dengan mudah.

LibreOffice – Aplikasi Pengolah Kata

LibreOffice - Apk pengolah kata
LibreOffice – Apk pengolah kata. (IST)

Pada rekomendasi selanjutnya ada LibreOffice, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengolah kata dan sering mendapatkan pembaruan basis pengguna yang lebih hidup.

Menariknya aplikasi ini memiliki banyak fitur dengan semua alat yang diperlukan oleh pekerjaan teks apa pun.

Dengan begitu pengguna tidak perlu menginstall aplikasi tambahan lainnya untuk membuat berbagai dokumen lainnya, karena kedua versi writer menyertakan wizard dan template untuk semua jenis dokumen umum.

Selain itu, kamu juga bisa membuat template sesuai kebutuhan yang bisa digunakan di masa yang akan datang pada aplikasi ini.

Google Docs

Google Docs
Google Docs. (IST)

Mencari alternatif dari aplikasi Microsoft Word? Kamu bisa menggunakan Google Docs. Aplikasi ini cukup populer dan gratis untuk semua orang yang mempunyai akun Google.

Pada aplikasi ini kamu bisa menemukan fitur dasar yang hampir serupa dengan Microsoft Word.

Menariknya, dokumen teks yang kamu kerjakan pada Google Docs bisa kamu bagikan secara real time ke semua orang tanpa perlu mengupload ulang.

Hal ini bisa dilakukan  karena cara kerja Google Docs sudah terintegrasi secara online dengan Google Drive.

WPS Writer

WPS Writer
WPS Writer. (IST)

Memiliki tampilan yang sederhana, aplikasi ini juga cukup recommended untuk digunakan di HP ataupun PC.

Aplikasi ini sendiri bisa digunakan untuk mengolah berbagai dokumen karena mereka menawarkan fitur yang hampir sama seperti Ms Word.

Saat ini WPS Writer, banyak digunakan oleh pekerja profesional yang belum membeli lisensi MS Office original.

SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice
SoftMaker FreeOffice. (IST)

Terakhir, kamu bisa menggunakan SoftMaker FreeOffice.  Aplikasi ini merupakan salah satu rangkaian program perkantoran yang bisa mengolah data secara grati bernama TextMaker.

Menariknya, saat pengguna membuka pengolah kata ini, kamu bisa memilih antarmuka gaya klasik atau ribbon.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti fitur pembuatan eBook, ekspor PDF dan EPUB, catatan kaki, pembuatan skripsi dan masih banyak lagi.

TextMaker pada apk ini juga bisa membuka berbagai jenis file dokumen, mulai dari Ms Word, teks biasa, SXW, PWD, WRI, dan lainnya dan bisa kamu ubah, ke format populer DOCX, HTML, TXT, dan DOTX.

BACA JUGA:  Aplikasi Pendukung Bisnis

Demikianlah rekomendasi aplikasi pengolah kata yang bisa kamu gunakan. Jadi aplikasi mana yang akan kamu gunakan?

 

Share.

Leave A Reply