RANCAH POST – Pabrikan elektronik asal Jepang, yakni Balmuda secara resmi telah meluncurkan smartphone pertama buatannya yang dinamai Balmuda Phone. Punya ukuran minimalis dan spesifikasi kelas mid-range, smartphone memiliki banderol harga fantastis, yaitu di kisaran Rp 13 jutaan.

Balmuda sendiri merupakan salah satu brand terkenal di Jepang yang biasa memproduksi alat-alat elektronik keperluan rumah tangga, mulai dari oven, toaster, teko listrik dan masih banyak lagi.

Smartphone buatan pertamanya yang dijual seharga Rp 13 jutaan tersebut memiliki desain yang berbeda dari ponsel Android lain di pasaran. Balmuda Phone hadir dengan bodi mungil berukuran 123 x 69 x 13.7 mm dan bobot 138 gram.

Layarnya berukuran 4.9 inci dengan Full HD Plus, aspek rasio 16:9 yang dikelilingi bezel lumayan tebal. Layar tersebut dihiasi dengan punch hole yang memuat kamera selfie 8 MP.

Sementara di bagian punggung, ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 11 ini punya sensor pemindai sidik jari konvensional, serta satu buah kamera dengan resolusi tinggi, yakni 48 MP. Pada bagian ini juga terdapat speaker, satu buah LED Flash dan logo khas perusahaan ‘Balmuda’.

Untuk kinerja, Balmuda Phone dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 765 dengan modem 5G terintegrasi yang dipadukan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Dilansir dari GSM Arena, Sabtu (20/11/2021), sejumlah aplikasi bawaan yang ada terdapat di ponsel ini seperti Kamera, Kalender dan Kalkulator di desain custom, sehingga tampilan antarmukanya tak seperti kebanyakan ponsel Android pada umumnya.

Balmuda Phone
Balmuda Phone. (IST/GSM Arena)

Selain pada tampilan Home Screen, pengguna juga dapat membuka riwayat panggilan serta melihat lokasi di peta. Bahkan perusahaan telah menyediakan layanan Access Tools yang dapat memudahkan untuk membuka sejumlah aplikasi tertentu.

Urusan daya tahan, Balmuda Phone disisipi baterai berkapasitas mini, yaitu hanya 2.500 mAh yang dapat diisi ulang dengan konektor berjenis Type-C.

Beberapa fitur menarik lain yang ada pada smartphone seharga Rp 13 jutaan meliputi NFC, layanan GMS (Google Mobile Service), serta sudah mengantongi sertifikasi tahan air dan debu (IP44).

BACA JUGA: Qualcomm Rilis Smartphone for Snapdragon Insider Seharga Rp 21,8 Juta

Hingga artikel ini dipublikasikan tidak ada informasi yang menyebutkan apakah Balmuda Phone akan dijual secara global atau tidak.

Share.

Leave A Reply