RANCAH POST – Setelah sekian lama menjadi penyuplai pasokan chipset untuk berbagai pabrikan smartphone, Qualcomm secara resmi telah merilis smartphone pertamanya yang berjuluk Smartphone for Snapdragon Insider.

Smartphone ini didesain, diproduksi dan dijual oleh Asus. Selain itu, smartphone yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 888 tersebut dilengkapi earphone khusus dari Master & Dynamic, adaptor Quick Charge 5, kabel pengisi daya, dan casing pelindung.

Menurut laporan, penamaan ‘Smartphone For Snapdragon Insider’ merujuk pada komunitas penggemar Qualcomm yang dijuluki ‘Snapdragon Insider’.

Jika Anda merupakan salah satu anggota komunitas Snapdragon Insider, ponsel ini sudah bisa Anda dapatkan dengan catatan harus menyiapkan budget sebesar 1.499 USD atau sekitar Rp 21.8 juta.

Dirangkum dari GSM Arena, Jumat (9/7/2021), Smartphone For Snapdragon Insider ini mengusung layar AMOLED buatan Samsung seluas 6.78 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel (FHD+).

Tak hanya itu, layar tersebut juga telah dilengkapi sejumlah fitur canggih seperti dukungan refresh rate 144 Hz, HDR10+, always-on display, serta dilapisi pelindung kaca terkuat di muka bumi, yaitu Corning Gorilla Glass Victus.

Di bagian bezel atasnya, tersemat kamera 24 MP. Sedangkan di sisi belakangnya terdapat tiga buah kamera yang disusun horizontal, sensor pemindai sidik jari alias fingerprint dan tak ketinggalan logo khas dari Snapdragon.

Nah, ketiga kamera belakang ponsel ini terdiri dari sensor Sony IMX686 dengan resolusi 64 MP sebagai kamera utama, 12 MP ultrawide dengan bidang pandang 112˚ dan 8 MP telephoto yang memiliki kemampuan 3x optical zoom.

Perlu diketahui sensor pemindai sidik jari yang pada ponsel ini menggunakan Sensor Sonic 3D generasi kedua sama seperti di jajaran Samsung Galaxy S21. Hanya saja, sensor fingerprint-nya diletakan di belakang tak seperti Galaxy S21 Series yang dibenamkan di bawah layar.

Sementara itu, chip Snapdragon 888 yang dijadikan sebagai jantung pacunya dipadukan dengan RAM 16 GB dan memori penyimpanan internal seluas 512 GB. Baterainya berkapasitas 4.000 mAh yang mendukung fast charging 65W.

Smartphone for Snapdragon Insider ini memiliki dimensi bodi 173.2 x 77.3 x 9.6 mm, bobot seberat 210 gram serta menjalankan sistem operasi Android 11.

Fitur lain yang tak kalah menarik yang dibawa oleh ponsel ini meliputi Dual SIM dengan jaringan 5G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, Bluetooth 5.2, NFC, dan USB Type-C.

BACA JUGA: Leitz Phone 1, Smartphone Pertama Leica yang Dijual Seharga Rp 24,5 Juta

Kabarnya, smartphone pertama Qualcomm ini akan dijual mulai bulan Agustus mendatang di China, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Jepang, Korea Selatan dan India.

Share.

Leave A Reply