Apakah kamu tahu alamat IP pada smartphone sangat berharga? Jika belum kamu harus mengetahuinya dan tahu cara menyembunyikan alamat IP.

IP atau Internet Protocol merupakan label numerik yang dibuat pada perangkat smartphone yang terhubung ke jaringan komputer untuk komunikasi.

Fungsi alamat IP sendiri yaitu untuk identifikasi antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi.

Tapi apakah kamu pernah mendengar, seseorang kehilangan saldo game poker? Hal tersebut bisa terjadi karena ada oknum yang membobol akun tersebut melalui alamat IP pemiliknya.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, kamu harus melindungi alamat Internet Protocol kamu saat mengakses komputer atau melakukan komunikasi dalam jaringan internet melalui smartphone Android.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi IP kamu saat mengakses suatu jaringan komputer, salah satunya dengan cara menyembunyikan alamat IP tersebut.

Cara Menyembunyikan Alamat IP

Alamat IP diartikan seperti sebuah proses pengiriman paket kepada seseorang, sehingga pengirim harus mengetahui alamatnya secara detail agar paket bisa terkirim dengan tepat.

Nah, untuk menyembunyikan alamat IP tersebut, kamu bisa menggunakan cara-cara di bawah ini:

VPN – Metode Teraman dan Tercepat No.1 untuk Menyamarkan Alamat IP

Metode Teraman dan Tercepat No.1 untuk Menyamarkan Alamat IP
Metode Teraman dan Tercepat No.1 untuk Menyamarkan Alamat IP. (IST)

Pertama kamu bisa menggunakan VPN untuk melindungi dan menyembunyikan alamat IP. Disini kamu bisa menggunakan VPN apa saja, tapi kami menyarankan untuk menggunakan Betternet.

VPN atau Virtual Private Network bekerja untuk mengalihkan traffic online kamu dari server ISP dan mengirimkannya melalui satu servernya sendiri.

Dengan begitu alamat IP kamu akan bersifat anonim karena, perangkat jaringan tidak bisa membedakan data atau alamat pengguna lain yang tersambung.

Penggunaan VPN juga cukup efektif untuk menyembunyikan alamat IP karena:

  • Memiliki proteksi kebocoran data dan menjaga privasi akun.
  • Menjaga Keamanan Privasi saat mengirimkan data sensitif.
  • Memiliki kemampuan untuk menembus blokir geografis.
  • Memiliki kecepatan tinggi saat mengunduh torrent file dan menjelajah online dengan aman.

BACA JUGA: Cara Menyembunyikan Last Seen di Telegram

Menggunakan Tor

Menggunakan Tor
Menggunakan Tor. (IST)

Selanjutnya kamu bisa menggunakan Tor untuk menyembunyikan identitas internet protocol kamu secara daring dengan menggunakan beberapa lapisan enkripsi.

Cara kerja Tor hampir sama dengan VPN, dimana kamu harus menggunakan sistem relai untuk menyembunyikan alamat IP.

Hanya saja kecepatan berselancar kamu di internet akan lebih lambat, karena proses enkripsi Tor membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itum kamu harus merogoh uang untuk menggunakan layanan Tor. Jika berminat untuk menggunakannya kamu bisa klik disini.

Menggunakan Proxy

Proxy
Proxy. (IST)

Terakhir kamu bisa menggunakan proxy untuk menyembunyikan alamat internet protokol kamu. Untuk menggunakan layanan ini kamu bisa mengunjungi URL https://www.proxysite.com/id/

Proxy akan bekerja untuk menangani lalu lintas internet atas nama dan alamat perangkat yang kamu gunakan.

Layanan tersebut bisa menyamarkan alamat IP dengan alamat palu dan membuat kamu seolah-olah berada di negara yang sama dengan peladen proxy.

Namun, untuk menggunakan Proxy kamu harus menyesuaikan pengaturan perangkat secara manual, karena proxy pada umumnya tak akan mengenkripsi lalu lintas kamu saat menggunakan internet.

BACA JUGA: Cara Menyembunyikan Video yang Disukai di TikTok

Itulah cara menyembunyikan alamat IP yang bisa kamu coba untuk melindungi dan menghindari pencurian data.

 

Share.

Leave A Reply