RANCAH POST – Sony secara resmi telah meluncurkan smartphone flagship Xperia Pro-I yang menonjolkan kecanggihan spesifikasi kamera sebagai salah satu nilai jualnya.

Ya, Sony Xperia Pro-I mengusung kamera utama dengan sensor berukuran 1 inci seperti yang bisa dijumpai pada kamera digital Sony RX100. Nah, kamera ini punya resolusi 12 MP.

Sensor tersebut dipasangkan turut dipasangkan dengan lensa ZEISS Tessar 24mm yang memiliki dua bukaan lensa (aperture), yaitu f/2.0 dan f/4.0 yang akan mempengaruhi tingkat kecerahan gambar dan luas area fokus.

Tak lupa kamera utama ponsel ini juga hadir dengan fitur Real-Time Eye AF yang dapat mengunci fokus di mata objek baik itu manusia ataupun hewan meski sedang dalam keadaan bergerak.

Kerennya lagi, tampilan aplikasi kamera di hp flagship ini juga dirancang supaya terlihat mirip dengan kamera Mirrorless Sony Alpha.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu (27/10/2021), kamera utama 12 MP milik Sony Xperia Pro-I ditemani kamera telephoto 12 MP dengan OIS dan 2x optical zoom, kemudian ada kamera ultrawide 12 MP dengan FOV 124˚ serta tambahan kamera TOF 3D 0.3 MP. Jadi totalnya ada empat kamera di bagian belakang.

Desain Sony Xperia Pro I
Desain Sony Xperia Pro-I. (IST/Twitter)

Soal desain, perangkat ini memiliki ukuran bodi 166 x 72 x 8.9 mm yang lebih ringkas dari Sony Xperia Pro serta bobotnya lebih ringan, yaitu hanya 221 gram. Bahkan hp ini juga sudah mengantongi sertifikasi anti air IPX5 dan IPX8, serta sertifikasi anti debu IP6X.

Bagian depannya memamerkan layar tipe OLED berdiagonal 6.5 inci dengan resolusi 1644 x 3840 piksel. Layar Xperia Pro-I mampu menampilkan hingga 1 miliar warna, punya teknologi refresh rate 120 Hz dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus.

Di bagian atas layarnya itu ada sebuah punch hole yang didedikasikan sebagai rumah kamera selfie 8 MP serta ada sebuah tombol khusus di bagian samping untuk memudah pengguna ketika hendak mengambil gambar.

Lanjut ke sektor mesin, Sony Xperia Pro-I dipacu oleh prosesor Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm) berpasangan dengan RAM 12 GB dan storage 512 GB. Meski kapasitas memori penyimpanannya sudah sangat luas, Sony masih menyediakan slot kartu memori microSDXC sehingga pengguna dapat menambah ruang penyimpanan eksternal hingga 1 TB.

Xperia Pro-I ditopang baterai 4.500 mAh yang sudah support fast charging 30W, dimana perusahaan mengklaim bahwa baterai ponsel dapat terisi 50% hanya dalam waktu pengisian 30 menit.

Spesifikasi Sony Xperia Pro-I lain yang tak kalah menarik untuk dibahas adalah dukungan dual SIM card (nano), jaringan 5G SA/NSA/Sub6, fingerprint (side-mounted), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, Bluetooth 5.2, GPS, jack audio 3.5 mm (Dynamic Vibration System dan port USB Type-C 3.2.

BACA JUGA: Sony Xperia 10 III Lite Meluncur dengan Snapdragon 690 5G

Perihal harga dan ketersedian, smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 11 ini dapat dipesan atau pre order mulai tanggal 28 Oktober dan akan dipasarkan di Amerika Serikat pada akhir tahun mendatang seharga 1.800 USD (sekitar Rp 25 jutaan).

Share.

Leave A Reply