RANCAH POST – Sony secara diam-diam telah meluncurkan smartphone terbarunya di pasar Jepang, smartphone yang dimaksud adalah Sony Xperia 10 III Lite yang merupakan versi downgrade dari Xperia 10 III yang launching awal tahun lalu.

Xperia 10 III Lite hadir dengan membawa spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan Xperia 10 111. Hanya saja, kapasitas memori penyimpanan internalnya diturunkan menjadi 64 GB dari yang tadinya 128 GB.

Selain kapasitas penyimpanan, spesifikasi lainnya tidak ada yang berubah. Smartphone ini masih mengandalkan chipset Snapdragon 690 5G yang dikawinkan dengan RAM 6 GB.

Layarnya juga masih menggunakan panel OLED berbentang 6.0 inci dimana layar tersebut dapat menampilkan hingga 1 miliar warna serta menawarkan resolusi 1.080 x 1.520 piksel.

Nah, layar Xperia 10 III Lite dikelilingi bezel yang cukup tebal terutama di bagian atas dan dagunya. Meski begitu layar ponsel ini terbebas dari yang namanya punch hole ataupun notch, sebab kamera depannya disematkan pada bagian bezel atas layar.

Di bagian punggungnya, terdapat tiga buah kamera yang ditumpuk vertikal di bawah LED Flash. Selain itu, ada pula logo khas ‘Sony’ dan ‘Xperia’. Smartphone ini punya empat varian warna, yakni Hitam, Putih, Pink dan Biru.

Beralih ke kamera, Sony Xperia 10 III Lite dibekali kamera utama 12 MP f/1.8 yang ditemani kamera telephoto 8 MP f/2.4 dengan kemampuan 2x optical zoom serta kamera ultrawide 8 MP f/2.2 yang memberikan sudut pandang hingga 120˚.

Sementara untuk keperluan selfie dan video call, hp terbaru rakitan Sony ini dianugerahi sensor 8 MP dengan bukaan lensa f/2.0.

Lalu di bagian samping kanannya terdapat sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang merangkap tugas sebagai tombol power dan persis di atasnya ada tombol untuk mengecilkan atau memperbesar volume.

Untuk catu daya, Xperia 10 III Lite menggendong baterai 4.500 mAh yang mendukung pengisian daya cepat (Quick Charge) 30W dan USB Power Delivery.

Terakhir, ponsel yang berjalan di sistem operasi Android 11 ini memiliki bodi berukuran 154 x 68 x 8.3 mm, bobot 169 gram dan sudah mengantongi sertifikat rating IP68 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu.

BACA JUGA: Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya

Sony Xperia 10 III Lite dilepas dengan banderol 46.800 yen (sekitar Rp 6.1 juta) lebih murah ketimbang Xperia 10 III yang dipatok harga 51.480 yen (sekitar 6.7 juta).

Share.

Leave A Reply