RANCAH POST – Raksasa teknologi asal Jepang, Sony, resmi meluncurkan Xperia 1 III dan Xperia 5 III secara global. Kedua smartphone tersebut sama-sama membawa spesifikasi yang sangat menggoda.

Spesifikasi Sony Xperia 1 III

Xperia 1 III hadir dengan layar OLED beresolusi 4K seluas 6.5 inci. Layar ini telah disisipi teknologi refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz berlapis kaca pelindung terkuat Gorilla Glass Victus.

Sony membenamkan chipset Snapdragon 888 dari Qualcomm sebagai jantung pacunya dari ponsel ini yang mana chip tersebut dikawinkan dengan RAM 12 GB. Penyimpanan internalnya sudah berteknologi UFS 3.1 dengan kapasitas 256 GB atau 512 GB.

Kamera menjadi sektor yang paling menonjol dari perangkat ini. Sony membekalinya dengan konfigurasi quad camera di belakang yang mencakup sensor utama 12 MP f/1.7, ultrawide 12 MP f/2.2, telephoto 12 MP f/2.3 dengan focal length 70 mm dan 105 mm serta yang terakhir adalah lensa ToF 3D 0.3 MP.

Sony Xperia 1 III membawa optik ZEISS dengan anti-reflektif dengan kemampuan 12.5x hybrid zoom sehingga dapat meningkatkan kualitas gambar serta memberikan pengalaman fotografi terbaik.

Bagi yang gemar merekam video, hp ini telah dibekali mode Cinema Pro yang menawarkan perekaman 21:9 dalan format 4K HDR. Ada pula fitur Real Time Eye AF yang secara otomatis akan bekerja untuk mendeteksi fokus pada subjek hewan maupun manusia.

Urusan audio, handset super keren ini dipasangi speaker stereo full stage, 360 Reality Audio yang berpadu dengan Dolby Atmos dan disetel oleh Sony Picture Entertainment.

Bagaimana untuk catu dayanya, Xperia 1 III punya baterai 4.500 mAh yang dapat terisi penuh dengan cepat lantaran sudah mendukung fast charging 30W.

Dari segi keamanan, Sony menyematkan sensor pemindai sidik jari yang diletakan di sisi kanan perangkat menyatu dengan tombol power. Sony Xperia 1 III hadir dalam balutan warna Frosted Black, Frosted Gray dan Frosted Purple

Spesifikasi Sony Xperia 5 III

Secara keseluruhan spesifikasi Sony Xperia 5 III bisa dibilang menjiplak hampir 90% dari Xperia 1 III. Ya, Sony hanya memberikan sedikit perbedaan dari kedua ponsel ini.

Xperia 5 III punya layar yang lebih kecil yaitu 6.1 inci dan resolusinya pun diturunkan menjadi 1080 x 2520 piksel. Meski begitu Sony masih mempertahankan dukungan refresh rate 120 Hz berikut pelindung Gorilla Glass 6.

Otak pacu Xperia 5 III dipercayakan pada SoC Snapdragon 888 yang berpadu dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 berkapasitas 128 GB atau 256 GB.

Selain itu, kamera belakang ponsel ini juga lebih sedikit karena menganut sistem triple camera yang terdiri dari sensor utama 12 MP f/1.7, ultrawide 12 MP f/2.2 dan telephoto 12 MP f/2.3. Kamera depannya sendiri beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Terlepas dari jumlahnya yang dipangkas jadi lebih sedikit, kamera ponsel ini juga telah dilengkapi fitur fotografi dan videografi canggih seperti di Xperia 1 III.

Di sektor catu daya, Sony membekalinya dengan baterai 4.500 mAh dengan dukungan fast charging 30W. Tak lupa, Sony juga menyematkan sensor pemindai sidik jari di sisi kanan perangkat yang merangkap tugas sebagai tombol power.

Sony Xperia 5 III ditawarkan dalam Black, Green dan Pink. Meski sudah dirilis, harga Sony Xperia 1 III dan juga harga Sony Xperia 5 III belum diungkap.

BACA JUGA: Bawa Layar OLED 120 Hz, Sony Kenalkan Xperia 5 II

Sebab kedua ponsel tersebut baru akan diumumkan ke pasaran pada pertengahan tahun ini. Penasaran? Mari kita nantikan bersama.

Share.

Leave A Reply